Aktor Perfilman Aceh Mando Gapi Tutup Usia

Penulis: Amiruddin Abdullah Reubee Pada: Jumat, 18 Jan 2019, 11:30 WIB Humaniora
Aktor Perfilman Aceh Mando Gapi Tutup Usia

MI/Amiruddin Abdullah

INNALILLAHI Wainnailaihi Rojiun. Dunia Entertaiment Aceh menangis dan berduka. Seniman perfilman komedian Aceh terkenal bernama Sulaiman, 49, atau yang lebih terkenal Mando Gapi, menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (17/1) dini hari.

Mando Gapi termasuk bintang terkenal di dunia seni perfilman di Serambi Mekkah. Dia ikut menyumbang kegembiraan dan menghibur masyarakat Aceh sembuh dari rasa trauma, misalnya setelah berakhir bencana tsunami dan konflik bersenjata di provinsi paling barat Indonesia itu. 

Salah satu film yang dibintanginya bersama Sudirman atau lebih akrab disapa Haji Uma (Sudirman sekarang Anggota DPD RI asal Aceh) yaitu berjudul Eumpang Breueh.

Mando Gapi cukup dikenal oleh publik Aceh terutama kalangan remaja itu, meninggal sekitar pukul 01.30 WIB, saat dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Lhok Seumawe, karena nenderita darah tinggi akut dan sesak nafas.

 

Baca juga: Ekonom UGM Itu Telah Berpulang

 

Berita meninggalnya Mando Gapi cepat tersebar ke seluruh penjuru Aceh hingga kalangan masyarakat Aceh di berbagai penjuru bumi. Banyak remaja, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum menyatakan semoga kepulangannya almarhum khusnul khatimah. 

Sejak dini hari, saat pemakamam Kamis (17/1) siang hingga sore warga berduyun duyun bertakziah ke rumah duka di Alue Awe, Kota Lhokseumawe.

"Mando Gapi meninggal dunia, mudah-mudahan Allah menjadikan kuburannya taman syurga dan melimpahkan rahmat di yaumil mahsyar" kata Ghina Zuhaira, siswi Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Kamis (17/1).

Catatan Media Indonesia, Mando Gapi merupakan tokoh perfilman yang banyak digandrungi warga di provinsi bekas tsunami itu. Film yang dibintanginya antara lain berjudul Empang Brueuh, Jeue, dan film Sibak Rukok Teuk.

Teman seperjuangannya di dunia perfilman Aceh antara lain adalah Bang Joni (Abdul Hadi) dan Haji Uma (Sudirman yang sekarang angota DPD RI daerah pemilihan Aceh). Saking terkenal ketiga orang itu hingga Haji Uma terpilih menjadi anggota DPD RI pada pemilu 2014 lalu. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More