Disidak Wagub, Penambang Ilegal Kabur

Penulis: (AD/N-3) Pada: Kamis, 17 Jan 2019, 22:30 WIB Nusantara
Disidak Wagub, Penambang Ilegal Kabur

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

WAKIL Gubernur (Wagub) Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) lokasi penambangan galian C di sepanjang Jalan Mangkubumi-Indihiang Kota Tasikmalaya. ­Aktivitas penambangan ilegal pun berhenti, sejumlah alat berat di tinggalkan pekerjanya. Terkecuali pekerja PT Trie Mukti Pratama Putra dan PT Sukes Jaya Mandiri Perkasa yang memiliki izin (legal) tetap beraktivitas seperti biasa.

“Kami ditugaskan Gubernur Ridwan Kamil melihat langsung lokasi penambangan di sini sebab banyak informasi dari masyarakat berkaitan dengan pertambangan yang belum mengantongi izin,” kata Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, kemarin.

Ternyata, jelas Uu, laporan masyarakat benar. Baru dua perusahaan penambangan galian C yang mengantongi izin di Kota/Kabupaten Tasikmalaya. Pemerintah memberikan dispensasi bagi para penambang agar segera memproses perizinan. Menurut UU, penambang tanpa izin selalu merusak lingkungan dan menyebabkan bencana.

“Kami tidak akan mempersulit proses izinnya. Soal banyaknya penambang ilegal yang ditemukan ini akan didiskusikan langsung dengan dinas yang memiliki kewenangan mengeluarkan izin. Kalau masih membandel, kita tindak tegas,” janjinya.
Pemprov, ungkap Uu, segera membahas dengan para bupati/wali kota terkait dengan masalah itu. Tujuannya agar tidak saling menyalahkan.

Ketua ­Assosiasi Pengusaha Pertambangan Tasikmalaya, Ade Hermawan, mengatakan ada 80 perusahaan pertambangan galian C di Kota Tasikmalaya. Dari jumlah itu, hanya dua perusahaan berizin. “Persyaratannya sulit dan berbiaya ekonomi tinggi,” ujarnya. (AD/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More