Sinergi Mutlak Diperlukan Hadapi Revolusi Industri 4.0

Penulis: (Ant/E-1) Pada: Senin, 14 Jan 2019, 23:00 WIB Ekonomi
Sinergi Mutlak Diperlukan Hadapi Revolusi Industri 4.0

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

SELURUH komponen bangsa diharapkan terus bersinergi membangun kapasitas sumber daya manusia, mendorong inovasi, dan mengutamakan industrialisasi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Ajakan itu disampaikan Ke-tua Pelaksana Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) Maryono saat membuka seminar dan talkshow Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Revolusi Industri Ke-4 di Jakarta,  Senin (14/1).

“Revolusi Industri 4.0 jangan dijadikan momok bagi para tenaga kerja di Indonesia. Era tersebut seharusnya memicu kreativitas dan inovasi untuk menyongsong industri 4.0 tersebut,” kata Maryono.  

Maryono yang juga Dirut  Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk itu mengatakan sinergi perlu dimulai dari perguruan tinggi yang akan mendidik para calon tenaga kerja. Para pelaku bisnis yang akan menampung tenaga kerja juga diharapkan  memberikan ruang dan kesempatan bagi para tenaga kerjanya untuk berinovasi, meningkatkan kompetensi dalam beradaptasi dengan dinamika teknologi dan maraknya digitalisasi demi kemajuan perusahaan.  

“BUMN dan perbankan nasional secara korporat telah memberikan apresiasi terhadap kegiatan inovasi dan bersinergi dalam  menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan melakukan pemanfaatan fintech untuk mendukung bisnis perbankan dalam melayani masyarakat,” ujarnya.  

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hadir dalam seminar itu  mengatakan Revolusi Industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dan harus dijalani.

“Ini (Revolusi Industri 4.0) adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, negara kita masih cukup (jumlahnya) tenaga kerjanya dan ini malah menjadi keuntungan,” kata Wapres JK.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro  mengatakan pemerintah akan  memperkuat pendidikan vokasi dan mendorong kewirausahaan dalam menghadapi Revo-lusi Industri 4.0. (Ant/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More