Ada Pajak E-commerce, Shopee Khawatir Pelaku Usaha Takut Masuk ke Dunia Daring

Penulis: Nur Aivanni Pada: Senin, 14 Jan 2019, 14:46 WIB Ekonomi
Ada Pajak E-commerce, Shopee Khawatir Pelaku Usaha Takut Masuk ke Dunia Daring

Antara

HEAD of Government Relations Shopee Radityo Triatmojo mengungkapkan kekhawatirannya bila ada aturan pajak e-commerce ke depannya akan membuat pelaku usaha takut untuk memulai usahanya di dunia daring.

Hal itu disampaikannya saat menanggapi dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

"Yang kita takutin sih mereka jadi ragu-ragu untuk masuk ke dunia online ini dan kalau tahu sejarahnya Shopee kita juga ambil seller-seller dari medsos, instagram dan sebagainya. Dengan adanya seller-seller ini masuk ke shopee kualitas mereka jadi lebih bagus," kata Radityo saat ditemui di Jakarta, Senin (14/1).

Baca Juga: Asosiasi E-Commerce Minta Kemenkeu Tunda Pemberlakuan Aturan Pajak

Kendati demikian, ia menegaskan pihaknya mendukung pemerintah bila ingin meningkatkan kepatuhan pajak melalui sebuah regulasi. Hanya saja, ia meminta agar regulasi tersebut tidak kemudian menghambat pelaku usaha untuk masuk ke dunia daring.

"Kita kan masih dalam proses edukasi UMKM ke online dan PR-nya masih banyak. Kita dukung pemerintah, tapi kita lebih dukung kalau itu juga memberi benefit terhadap UMKM yang mau online terutama," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, VP of Public Policy & Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni menyampaikan pihaknya masih mengkaji mengenai dampak pemberlakuan PMK tersebut.

"Kita masih mengkaji, aturannya memang baru keluar. Secara internal kita masih konsolidasi, kira-kira dampaknya buat industri seperti apa," jelasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More