Legalisasi Becak, Anggota Dewan Belum Terima Draf Revisi Perda

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 13:41 WIB Megapolitan
Legalisasi Becak, Anggota Dewan Belum Terima Draf Revisi Perda

MI/PIUS ERLANGGA

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah mengirim draf revisi Peraturan Daerah No 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum (Tibum) untuk mewujudkan legalisasi becak di ibu kota. Namun, anggota DPRD DKI Jakarta mengaku belum menerima draf tersebut.

"Saya belum menerimanya," kata anggota Komisi B DPRD DKI Ida Mahmudah saat dikonfirmasi Media Indonesia, Minggu (13/1).

Politikus PDIP ini menyebut akan mengonfirmasi kepada Ketua DPRD DKI untuk mengetahui perihal pengiriman draf revisi Perda Tibum tersebut.

Meskipun demikian, Ida menegaskan menolak revisi Perda yang mengakomodir kepentingan para pengusaha becak agar bisa kembali mengaspal di jalanan ibu kota.

Menurutnya, kebijakan Mantan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo yang melarang becak beroperasi di ibu kota sangat tepat dan masih relevan dengan kondisi saat ini.

"Saya sebagai anggota menolak becak beroperasi kembali di ibu kota. Karena sudah tidak relevan lagi dengan kondisi lalu lintas serta pola transportasi yang ingin diterapkan yakni transportasi massal," tegasnya.

Baca Juga: 80% Penarik Becak Bukan Warga DKI Jakarta

Mantan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo menjadi orang pertama yang secara tegas membuat keputusan pelarangan becak melalui penerbitan Perda No 11/1988 tentang Tibum. Setelah terbitnya Perda tersebut, becak baru secara total dilarang, dirazia, serta ditindak pada tahun 1990.

Keberadaan becak sempat memasuki pasang surut karena pada krisis ekonomi 1998, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso sempat memperbolehkan becak kembali beroperasi karena minimnya angkutan umum. Tetapi hal itu hanya berjalan sementara.

Setahun kemudian, Sutiyoso kembali menginstruksikan kepada wali kota serta Satpol PP untuk menertibkan dan melarang becak beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Aturan tersebut terus berlaku hingga sekarang.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More