Menebang Pohon Sembarangan, Angkasa Pura Dihukum Ganti 10 Kali Lipat

Penulis: Denny S Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 11:00 WIB Nusantara
Menebang Pohon Sembarangan, Angkasa Pura Dihukum Ganti 10 Kali Lipat

MI/Denny Susanto

PT Angkasa Pura Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dihukum mengganti 10 kali lipat pohon penghijauan yang ditebang sembarangan di sepanjang tepi jalanbandara beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Perwakilan Masyarakat Peduli Pohon Kalimantan Selatan, Ahmad Arifin, Minggu (13/1). 

"Ini bentuk hukuman bagi pihak angkasa pura yang sembarangan menebang pohon penghijauan, mereka harus menggantinya 10 kali lipat," tegasnya.

Pada pertemuan penyelesaian kasus penebangan pohon penghijauan jenis pinang yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarbaru, serta Masyarakat Peduli Pohon Kalsel, pihak PT Angkasa Pura yang diwakili Airport Security Protection Section Head, Abdi Purnomo, pekan lalu telah menyetujui dan menandatangani kesanggupan penggantian dan penanaman 10 kali lipat pohon pinang yang ditebang.

Disepakati pohon pinang yang ditebang sebanyak 36 pohon diganti sebanyak 360 pohon dan akan ditanam di lokasi tepi Jalan Trikora Kota Banjarbaru sebagai penghijauan kota. 

 

Baca juga: Jumlah Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 7,6%

 

Seperti diberitakan sebelumnya para pegiat lingkungan memprotes keras pihak PT Angkasa Pura karena melakukan penebangan puluhan pohon penghijauan di sepanjang tepi jalan bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru.

Aksi penebangan pohon jenis pinang yang ditanam Masyarakat Peduli Pohon pada 2012 tersebut dinilai tidak sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel yang gencar menggalakkan program Revolusi Hijau serta komitmen Kota Banjarbaru sebagai salah satu kota hijau penerima penghargaan Adipura.

Protes keras ini juga mendapat dukungan dari Pena Hijau Indonesia. Hal serupa juga disampaikan Kepala DLH Kalsel, Ikhlas Indar yang mendukung sikap tegas Pemko Banjarbaru dengan memberi sanksi penggantian pohon 10 kali lipat tersebut.

Pada 2012 lalu Masyarakat Peduli Pohon menanam sebanyak 800 pohon pinang di sepanjang 2 kilometer tepi jalan A Yani di luar pagar Bandara
Syamsudin Noor. Pohon pinang yang tumbuh subur dan besar dengan tinggi 2-3 meter, sekitar 150 batang. Namun, pada Oktober 2018,  pihak Angkasa Pura Bandara Syamsudin Noor menebang 36 pohon pinang. Saat ini pohon pinang tersisa hanya sekitar 100 pohon saja.

Airport Security and Safety Departement Head Bandara Syamsudin Noor, Abdi Purnomo, mengakui penebangan pohon tersebut, dengan alasan keamanan penerbangan dan adanya proyek pengembangan bandara. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More