Elektabilitas Jokowi Tetap Tinggi

Penulis: MI Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 10:00 WIB Politik dan Hukum
Elektabilitas Jokowi Tetap Tinggi

Dok. KPU

HASIL survei yang dilakukan lembaga Indonesia Elections and Strategic (Index) Research menunjukkan elektabilitas Jokowi tetap mengungguli Prabowo Subianto di tengah isu politisasi agama.  

“Temuan lembaga survei Index Research menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-Amin tetap jauh mengungguli pasangan Prabowo-Sandi,” kata Direktur Eksekutif Index Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, kemarin.

Survei Index Research dilakukan pada 17-28 Desember 2018, dengan jumlah responden 1.200 orang.

Metode survei ialah multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,9% dan pada tingkat kepercayaan 95%.

Vivin mengatakan elektabilitas Jokowi-Amin mencapai 55,6%, terpaut 20% dibanding Prabowo-Sandi yang meraih 32,3%. Sementara itu, sisanya sebanyak 12,1% tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya pada periode November 2018, elektabilitas kedua pasangan cenderung tidak berubah signifikan.

Sebelumnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,6%, sedangkan Prabowo-Sandi 30,6%.

Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab turun dari sebelumnya 14,8%.

Lebih jauh dia mengatakan enam parpol masih berpeluang untuk dapat menembus ambang batas, dengan memperhitungkan margin of error survei. Keenam parpol tersebut ialah NasDem (3,5%), PPP (3,3%), PKS (3,2%), PAN (2,6%), PSI (2,3%), dan Perindo (2,2%).

Sementara itu, lima parpol terbawah yang dinilai berpotensi gagal mengirim wakil ke Senayan, yakni Hanura (1,0%), PBB (0,9%), Berkarya (0,8%), PKPI (0,4%), dan Garuda (0,1%).  

Dia mengatakan masih terdapat 17,4% responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan survei sebelumnya pada periode November 2018 sebesar 20,6%.

“PDI Perjuang­an, Gerin­dra, Golkar, PKB, dan Demokrat berada pada posisi aman melewati ambang batas parlemen sebesar 4%,” tukas dia. (Ant/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More