Saya Bangga Bapak Keluar dari Zona Nyaman

Penulis: MI Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 09:00 WIB Humaniora
Saya Bangga Bapak Keluar dari Zona Nyaman

MI/Ramdani

PARA pengemudi ojek dalam jaring an (daring/online) di berbagai kota di Indonesia diimbau berhati-hati ketika mengoperasikan kendaraan mereka.

Hal ini dikemukakan Presiden Joko Widodo ketika menghadiri ­Silaturahim Nasional (Silatnas) Transportasi Online di JIExpo ­Kemayoran Jakarta, kemarin, yang dihadiri pengemudi dari Gojek, Grab, dan Bluebird.

“Saya titip, hati-hati. Bapak dan Ibu sekalian memiliki ­keluarga. Jangan­ sampai kecerobohan menyetir­ sambil menerima order menyebabkan kelalaian dan kecelakaan. Saya titip ini saja karena saya sering lihat ­seperti itu (memegang telepon seluler) sambil membawa penumpang. Kita tidak ingin Saudara-­Saudara celaka sekecil apa pun, jangan sampai terjadi. Kita semua berdoa, berangkat selamat dan pulang pun selamat,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengaku kadang marah apabila ada orang meremehkan profesi pengemudi transportasi daring.

“Ini pekerjaan mulia. Saya justru bangga. Di mata saya Bapak, Ibu, dan Saudara orang-orang yang berani menembus batas, berani keluar dari zona nyaman, dan menjadi pelopor model pekerjaan masa depan, yaitu transportasi ­online.”

Jokowi menyempatkan diri berbincang-bincang dengan sejumlah pengemudi transportasi daring. Salah seorang pengemudi dari ­Jakarta, Yadin, naik ke panggung.

Yadin mengaku per hari mendapat penghasilan Rp200 ribu-Rp300 ribu ditambah insentif Rp60 ribu-Rp200 ribu. “Kami termotivasi untuk mendapat posisi berlian.”

“Saya lihat konsumen ingin dilayani cepat. Setelah kontak, detik itu juga datang. Bagaimana bisa cepat?” tanya Jokowi.

“Pertama, konfirmasi dulu di-chat. Kalau sudah benar tinggal diikutin map diaplikasi. Ke tujuan jemput, biasanya 2-5 menit,” jawab Yadin yang juga disambut terikan huuuu dari pengemudi lain.

“Saya pikir kecepatan layanan sangat diperlukan. ­Negara yang cepat pasti mengalahkan negara yang lambat. ­Perusahaan yang cepat mengalahkan perusahaan yang lambat,” tegas Presiden.

Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan peraturan baru tentang ojek daring menguntungkan semua pihak baik penyedia aplikasi, pengemudi, dan penumpang.

“Kami atur berasaskan kesetaraan, keadilan, dan mengutamakan keselamatan.” (Pol/Dro/Pra/Cah/Ant/X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More