Inspirasi dari Golden Globe

Penulis: Harpersbazaar.com/Mail Online/M-1 Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 01:10 WIB Weekend
Inspirasi dari Golden Globe

VALERIE MACON / AFP

SETELAH tahun lalu karpet merah ajang Golden Globe Awards didominasi gaun hitam sebagai bentuk protes pelecehan seksual di Hollywood, tahun ini rona gaun kembali berwarnawarni. Siluet dan gaya yang dipilih para artis pun kembali beragam, seolah lepas menunjukkan kebanggaan mereka masuk dalam daftar nomine ataupun tamu terpilih.

Di antara gaun-gaun megah maupun eksentrik di acara yang berlangsung pada Minggu (7/1) waktu California, Amerika Serikat, itu ada beberapa penampilan yang tampak lebih menarik perhatian di antara yang lain. Dua di antaranya penampilan Julia Roberts dan Dakota Fanning.

Roberts mengenakan busana hybrid karya Stella McCartney. Disebut hybrid karena berupa paduan gaun tile satu bahu yang kemudian dipadukan dengan celana hitam.

Perkawinan dua busana itu sangat elegan dengan aplikasi tali pinggang dan bagian gaun yang seluruhnya terbuka di bagian perut ke bawah. Dengan begitu pula kain tile bagian rok menjadi layaknya ekor yang menjuntai.

Roberts melengkapi kesan feminin dengan tatanan rambut yang menyamping terurai. Sementara itu, kesan maskulinnya diimbangi dengan memasukkan salah satu tangan ke kantong celana tiap kali berpose. Tidak hanya kesan perempuan tangguh, tapi juga pilihan busananya memunculkan kesan perempuan yang modern.

Penampilan aktris yang sudah meng oleksi 3 piala Golden Globe itu pun dipuji warganet. Di sisi lain, memilih celana atau setelan jas ketimbang gaun untuk karpet merah memang bukan hal aneh untuk perempuan 51 tahun itu.

Saat memenangkan piala Golden Globe kedua dari perannya di fi lm Pretty Woman (1990), ia mengenakan setelan jas dengan ukuran besar. Sementara itu, pada ajang Screen Actors Guild Awards 2015, ia memakai jumpsuit hitam dengan belahan dada rendah.

Meski tidak menggunakan gauncelana, aktris muda Dakota Fanning menampilkan kesan keanggunan yang modern sekaligus simpel. Aktris berusia 24 tahun itu mengenakan gaun buatan Armani Prive berwarna perak kebiruan.

Kekuatan gaun itu ialah jahitan dan konstruksi prima mulai bentuk leher sweetheart, siluet korset yang menyambung dengan rok ball gown. Sementara itu, di bagian belakang, daya tariknya terletak pada siluet backless yang kemudian dipercantik dengan detail rangkaian pita dari punggung bawah hingga bawah bokong.

Fanning yang berperan sebagai Sara Howard di serial televisi The Alienist, yang masuk sebagai nomine, menambahkan sisi mewah dengan kalung berlian bergelombang. Lewat gaun ini, Fanning sekaligus menunjukkan bahwa tidak perlu gaun penuh payet atau renda untuk menjadi pusat perhatian.

Konsep simpel juga trelihat dari gaun pemeran utama fi lm Crazy Rich Asian, Constance Wu yang tampak anggun dengan gaun tile berwarna nude karya Vera Wang.

Warna gaun yang benar-benar menyerupai warna kulit Wu tidak juga membuat penampilannya pucat atau kuyu karena siluet rok yang lebar serta aksen tali velvet oranye di pinggang. Gaun itu pun banyak dipilih pengamat untuk masuk jajaran best dress Golden Globe.

Warna cerah

Tampil sederhana dan simpel, diperlihatkan pula pada tampilan Rachel Brosnahan yang menang untuk penampilan serial televisi terbaik kategori komedi di Golden Globe tahun ini.

Naik untuk mendapatkan penghargaan, aktris 28 tahun itu mencuri perhatian dengan penampilannya yang tampak segar dan anggun saat mengenakan gaun kuning keemasan yang di rancang Prada. Atasannya bergaya ruched atau lipatan yang menyilang di bagian dadanya. Siluet itu kontras dengan bagian rok yang melebar.

Tampilan sederhana pun ada pada Amy Adams, aktris berusia 44 tahun yang masuk nomine dalam kategori best actress in a tv movie or li mited series berkat perannya di serial Sharp Objects. Ia hadir dengan gaun biru donker rancangan Calvin Klien.

Busananya sangat simpel dengan belahan lebar pada pundaknya dan siluet lurus pada bagian atas maupun bagian bawah hanya tampak sedikit memengecil dibagian pinggang. Ia tak memberikan aksesori berlebih pada pundaknya yang terbuka, ia justru memberikan aksesori di tangan dan telinganya. Lehernya hanya dihiasi rambut yang dibiarkan terurai ke sebelah kiri.

Sementara itu, gaun ekstravaganza terlihat pada penampilan Lady Gaga. Penyanyi dan aktris yang memenangkan kategori best original song untuk lagu Shallow di fi lm A star Is Born ini berjalan di karpet merah dengan gaun couture Valentino berwarna biru muda yang juga bersiluet strapless ball gown. Gaun itu juga dilengkapi dengan yang bevolume di bagian lengan.

Inspirasi gaun tersebut tidak lain ialah gaun yang dikenakan aktris Judy Garland pada fi lm A Star is Born versi 1954. Gaga melengkapi nuansa biru penampilannya dengan rambut yang dicat senada. (Harpersbazaar.com/Mail Online/M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More