Puting Beliung Terjang Empat Kecamatan di Sukabumi

Penulis: Benny Bastiandy Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 20:30 WIB Nusantara
Puting Beliung Terjang Empat Kecamatan di Sukabumi

MI/Benny Bastiandy

ANGIN puting beliung kembali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (12/1) petang. Sebelumnya pada Jumat (11/1), hujan deras disertai angin puting beliung juga menerjang sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), puting beliung kemarin petang terjadi di Desa Panumbang, Kecamatan Jampang Tengah. Sebanyak 4 rumah milik warga setempat rusak berat, sedang, dan ringan.

Puting beliung juga terjadi di Desa Kalaparea dan Desa Daremareja, Kecamatan Nagrak. Puluhan pohon tumbang hingga menutup jalan. Di Kecamatan Nagrak wilayah yang terdampak berada di Kampung Cimande dan Kampung Cibarengkok. Di dua kampung itu puting beliung menumbangkan belasan pohon dan menimpa kabel PLN dan Telepon.

Kejadian berikutnya berada di Kampung Loji Cikembang RT 01/05, Desa Ginanjar, Kecamatan Ciambar. Akibat intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang kemudian menimpa rumah warga hingga rusak berat.

Sedangkan di Kampung Leuweungdatar RT 01/05, Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, puting beliung merobohkan puluhan pohon hingga menutup Jalan Raya Cibadak-Cikidang. Akibatnya sejumlah kendaraan yang menuju arah Cibadak-Cikidang maupun sebaliknya terhambat.

"Rata-rata waktu kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB dan 17.30 WIB. Kita masih mendata jumlah riil pohon tumbang maupun rumah warga yang rusak akibat puting beliung ini," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman, Sabtu malam.

Di wilayah terdampak puting beliung, Tim Unit Reaksi Cepat (URC) telah melakukan assemen dan penanganan. Termasuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat dan muspika di masing-masing wilayah.

"Kami masih memantau perkembangan bencana puting beliung ini. Kami juga mengimbau masyarakat apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat cepat menghubungi," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More