FSGI Sesalkan Oknum Guru Jadi Tersangka Hoaks Surat Suara

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 18:40 WIB Politik dan Hukum
FSGI Sesalkan Oknum Guru Jadi Tersangka Hoaks Surat Suara

Ilustrasi

FEDERASI Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyayangkan adanya seorang oknum guru yang ditetapkan tersangka oleh kepolisian dalam kasus hoaks tujuh kontainer surat suara yang telah dicoblos. Keterlibatan guru dalam kasus hoaks dinilai bertentangan dengan nilai bahwa guru semestinya menjadi teladan di lingkungan sekolah.

"Yang membuat resah sekaligus prihatin ialah salah satu tersangkanya seorang guru SMP di sebuah sekolah swasta di Cilegon, Banten. Bahkan diduga oknum guru ini merupakan simpatisan salah satu pasangan calon presiden," kata Wasekjen FSGI, Satriwan Salim, melalui keterangan pers di Jakarta, Sabtu (12/1).

Menurut catatannya, keterlibatan guru dalam kasus hoaks bukan yang pertama kali. Februari 2018 silam, juga ada oknum guru di Banten yang jadi tersangka karena menyebarkan hoaks isu PKI.

Seperti diberitakan, seorang guru SMP berinisial MIK, 38, diciduk polisi karena terkait dengan kasus hoaks adanya tujuh kontainer surat suara dicoblos. Menurut kepolisian, guru tersebut menjadi tersangka karena diduga turut membuat unggahan hoaks melalui akun media sosial.

"Oknum guru yang menyebarluaskan kabar hoaks membuat keprihatinan yang mendalam sebab guru sejatinya adalah intelektual, yang lekat dengan nilai-nilai akademis, ilmiah, objektif, rasional, dan kritis. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Guru berpikir dan bertindak tidak rasional dan tidak kritis lagi," imbuh Satriwan.

Sementara itu, Sekjen FSGI, Heru Purnomo, kembali mengingatkan para guru agar tidak mudah dipolitisasi saat masa kampanye ini. Guru diharapkan menjaga jarak dari politik praktis.

"Sudah semestinya guru dan termasuk organisasi profesi guru independen dan netral dalam arus politik praktis. Jika para guru jatuh ke dalam politik praktis, apalagi menjadi simpatisan dan relawan pasangan capres, apa bedanya nanti guru dengan tim sukses," tukasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More