Debat Perdana Pilpres 2019, Mantan Presiden dan Mantan Wapres akan Diundang

Penulis: Nurjiyanto Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 17:07 WIB Politik dan Hukum
Debat Perdana Pilpres 2019, Mantan Presiden dan Mantan Wapres akan Diundang

MI/Pius Erlangga

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) akan mengundang sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden untuk hadir dalam agenda debat capres-cawapres pertama, 17 Januari 2019 mendatang. Nantinya, para tokoh tersebut akan hadir sebagai tamu undangan KPU yang jumlah keseluruhan sebanyak 300 orang.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menuturkan rencana mengundang para tokoh ini sudah disepakati dalam rapat bersama antara KPU, Bawaslu, TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Kami juga rencananya akan mengundang Presiden ke-3 Bapak BJ Habibie, Presiden ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Para mantan wakil presiden seperti Bapak Try Sutrisno dan Bapak Hamzah Haz, kita undang juga beliau-beliau," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (12/1).

Baca juga: Prabowo-Sandi Memang tidak Siap

KPU juga nantinya akan mengundang tokoh dari berbagai latar belakang seperti yang akademisi budayawan, pengusaha, tokoh pemuda serta tokoh mahasiswa. Namun, untuk nama-nama undangan tersebut ia belum dapat merincikan satu per satu.

Wahyu menambahkan, totalnya ada 500 orang undangan yang akan hadir dalam venue gelaran debat capres-cawapres. Mereka terdiri dari masing-masing 100 orang pendukung capres-cawapres Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Amin dan 300 orang undangan dari KPU.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan jadwal agenda debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019. Gelaran tersebut akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, 17 Januari 2019.

Debat pertama ini nantinya akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandiaga. Ada empat tema yang nantiya akan diangkat dalam agenda tersebut, ke-empat tema tersebut ialah hukum, HAM, korupsi dan terorisme. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More