Kolaborasi akan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Penulis: Antara Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 15:00 WIB Ekonomi
Kolaborasi akan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Dok. Pribadi

WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak berkepentingan demi menjaga tren pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

"Jadi kita perlu berkolaborasi untuk menjaga tren positif pertumbuhan ekonomi dan menggalakkan investasi serta meningkatkan laju ekspor," kata Andi dalam keterangan resminya, Sabtu (12/1).

Baca Juga: Trans-Jawa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Dikatakan Andi, provinsi yang dipimpinnya bersama Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah telah meletakkan fondasi yang baik untuk kemajuan ekonomi. Menurut dia, fondasi tersebut terutama pada persiapan peningkatan ekspor dengan hadirnya direct call port dari Makassar ke Asia, Amerika serta Eropa. Sebelumnya kapal harus transit ke Surabaya, Jawa Timur terlebih dulu.

Dengan adanya direct call port, kata Andi, telah memicu peningkatan ekspor langsung ke luar yang bisa mereduksi cost (biaya) pengiriman hingga 200-500 dolar Amerika Serikat per kontainer tergantung destinasi ekspor.

Andi mengatakan, rasa optimisme selalu ada, selama kebijakan tepat dan hadir kerja sama lintas sektor. Hal itu juga didukung oleh pemerintah yang telah memberi kebijakan khusus kepada pelaku ekonomi mikro agar posisinya tidak menjadi pelaku yang menyubsidi pelaku ekonomi makro.

Selain itu pemerintah perlu mendukung pembangunan infrastruktur untuk menekan biaya produksi, seperti pelabuhan, jalan dan lain-lain agar dapat memacu investasi serta menghasilkan produk dalam negeri dengan nilai komersial berdaya saing dengan produk luar. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More