T-Koes Bersaudara Bermusik sekaligus Berbagi

Penulis: Hilda Julaika Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 11:15 WIB Weekend
T-Koes Bersaudara Bermusik sekaligus Berbagi

MI/Permana

SIAPA yang tak mengenal band legendaris Indonesia Koes Plus? Band ini sempat tenar di eranya dan memiliki dampak bagi dunia musik Indonesia. Saat ini musiknya pun masih bisa kita nikmati lewat sebuah grup duplikat dari Koes Plus bernama T-Koes. Grup yang digawangi seorang ayah dan tiga anak laki-lakinya.

Mereka Agusta, Jaru, Galih, dan Jim ini kerap manggung dan menampilkan lagu-lagu serta gaya khas Koes Plus. Hebatnya, mereka tak sekadar manggung, tetapi juga kerap mendonasikan hasil manggungnya untuk mereka yang membutuhkan seperti korban bencana alam.
    
Cerita awalnya, sang ayah Agusta Marzall atau disebut Ayah T-Koes sejak kecil memang sudah menggemari Koes Plus dan kebetulan dekat dengan salah satu punggawanya saat itu, Yon Koeswoyo. T-Koes mulai berdiri pada Maret 2007.

Mereka belajar alat musiknya dengan membeli kibor yang berharga Rp350 ribu hanya untuk mempelajari tut-nya. Mereka ingin mengingatkan kepada anak muda Indonesia bahwa boleh mengagungkan band luar negeri seperti The Beatles, tapi jangan lupa juga bahwa kita memiliki Koes Plus.

Grup ini mengajarkan untuk bisa berbagi dari apa yang telah kita miliki. Tak perlu menunggu materi saja, tetapi tubuh sehat yang kita miliki pun sebuah rezeki. Pada November lalu, grup band bersaudara ini mengadakan konser amal yang bertajuk Mengenang Koes Plus, Pray for Palu and Donggala.

"Dari kecil memang kita banyak dibantu oleh orang lain. Dari sana kita pengen juga ikut berbagi dalam keadaan apa pun. Caranya dengan bermain musik. Kita pernah main untuk anak-anak Talasemi, lalu anak-anak kanker dan terakhir bersama anak-anak yatim dan duafa," tukas Rahmawati selaku manajer sekaligus Ibu T-Koes.

Kisah kepedulian keluarga ini dilatarbelakangi juga oleh pengalaman pahit yang pernah dilalui. Agusta pernah mengalami kebangkrutan usahanya sehingga harus menjual rumah dan aset keluarga lainnya. Ia pun berpindah ke kontrakan dan bertahan hidup dengan berjualan bubur di Senayan.

T-Koes kini juga memiliki agenda rutin untuk menghibur dan memberikan santunan ke beberapa yayasan sosial di Jakarta, seperti Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, Komunitas Talasemia, hingga Yayasan Dompet Yatim Indonesia. (Hil/M-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More