Kalah dari Levante, Valverde Berkelit

Penulis: Footbal espana/Sat/R-1 Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 07:00 WIB Sepak Bola
Kalah dari Levante, Valverde Berkelit

Josep LAGO / AFP

BARCELONA dipaksa menyerah di tangan Levante dalam laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Estadio Cuidad de Valencia, kemarin. Walau diunggulkan, Blaugrana, julukan Barcelona, kalah tipis dengan skor 1-2.

Hasil negatif yang diperoleh Sergio Busquets dan kolega akibat pilihan strategi pelatih Ernesto Valverde yang melakukan rotasi besar-besaran dalam timnya. Hanya dua pemain saja yang kembali diturunkan dari laga sebelumnya, Ousmane Dembele dan Arturo Vidal.

Valverde melakukan eksperimen dengan memainkan bek baru Jeison Murillo dalam laga ini. Pilihan ini sangat berisiko karena pendamping Murilo di jantung pertahanan bek muda 19 tahun yang minim penga­laman, Chumi Brandariz.

Hal ini membuat para pemain Levante cukup leluasa mencari celah di lini pertahanan Barcelona. Upaya tersebut berbuah dengan dua gol yang bersarang di gawang  Barcelona.
“Kami harus menyadari fakta bahwa sangat membutuhkan rotasi pemain. Melakukan hal yang sama untuk pertandingan lainnya mungkin lebih berisiko. Saat ini kami berjuang di tiga kompetisi,” kata Valverde.

Levante unggul cepat di menit keempat setelah sundulan Erick Cabalo tak mampu diantisipasi kiper Jasper Cillessen. Seperempat jam kemudian giliran eks bom­ber Real Madrid, Borja Mayoral, yang menya­rangkan bola ke jaring gawang Barcelona. Ia menerima umpan Emmanuel Boateng sebelum mencetak gol.

Sementara itu, gol hiburan Barcelona dicetak Philippe Coutinho dari titik putih di menit ke-85. Barcelona mendapat hadiah penalti akibat Denis Suarez dijatuhkan lawan di kotak terlarang.
Meski kalah, Barcelona masih memiliki kans besar untuk lolos babak babak perempat final. Rival sekota Espanyol ini wajib meraih kemenangan minimal 1-0 atau lebih kala berganti menjamu Levante di Nou Camp pada 18 Januari.

“Rotasi bukan alasan kami kalah. Kami memang bermain buruk dan kurang kerja sama, tapi untungnya kami masih memiliki 90 menit lainnya di Camp Nou. Kami masih tetap tim favorit dan harus mengambil keuntungan tersebut,” ungkap gelandang Barcelona Carles Alena. (Footbal espana/Sat/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

POLISI tidak langsung menangkap creator dan buzzer berita bohong atau hoaks mengenai 7 kontainer surat suara tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Alasannya, aparat masih melakukan pendalaman dari sisi aspek alat bukti untuk penyelidikan kasus tersebut dan masih menunggu hasil laboratorium forensik terkait identifikasi suara. Setujukah Anda dengan sikap Polri tersebut?





Berita Populer

Read More