BNPB: 1 Orang Luka Berat dan 300 Rumah Rusak akibat Puting Beliung Rancaekek

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 22:40 WIB Nusantara
BNPB: 1 Orang Luka Berat dan 300 Rumah Rusak akibat Puting Beliung Rancaekek

MI/Depi Gunawan

BENCANA puting beliung melanda Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (11/1) pukul 15.15 WIB. Puting beliung menyebabkan ratusan rumah penduduk rusak dan pohon tumbang.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung, puting beliung juga mengakibatkan satu orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya.

"Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (11/1).

Daerah yang mengalami kerusakan antara lain Perum Rancaekek Kencana Blok 16 RW 16. RW 08 Desa Jelegong Kec Rancaekek. BPBD Kab. Bandung, terang TNI dan Brimob Polda Jabar telah mendirikan tenda untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi.

"Kondisi listrik padam. Kebutuhan mendesak saat ini antara lain tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih," ucap Sutopo.

Menurut BPBD, bencana puting beliung makin meningkat saat dari tahun ke tahun. Peningkatan puting beliung disebabkan ada perubahan penggunaan lahan, dampak perubahan iklim yang menyebabkan makin meningkatnya ketidaksatabilan dinamika atmosfer lokal, dan aktivitas penduduk dan lainnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

POLISI tidak langsung menangkap creator dan buzzer berita bohong atau hoaks mengenai 7 kontainer surat suara tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Alasannya, aparat masih melakukan pendalaman dari sisi aspek alat bukti untuk penyelidikan kasus tersebut dan masih menunggu hasil laboratorium forensik terkait identifikasi suara. Setujukah Anda dengan sikap Polri tersebut?





Berita Populer

Read More