Hujan Deras Membawa Material Lumpur Genangi Lima Kampung di Garut

Penulis: Kristiadi Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 21:30 WIB Nusantara
Hujan Deras Membawa Material Lumpur Genangi Lima Kampung di Garut

MI/Adi Kristiadi

HUJAN deras yang membawa material lumpur telah terjadi di Desa Barusuda, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 50 sentimeter.

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi TNI, Polri dan masyarakat bergotong-royong hingga kini masih membersihkan lumpur berada di setiap rumah.

"Hujan deras yang membawa material lumpur terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dan mengakibatkan lima kampung terendam banjir, yakni di Babakan Palah, Ciroyom, Barusuda, Pasir Tengah, dan Cikahuripan, serta Komplek Yayasan Nurul Palah," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakarya, Jumat (11/1).

Dadi mengatakan, hujan deras tersebut telah membawa material lumpur hingga menyebabkan beberapa rumah berada di Desa Barusuda terendam banjir. Hingga kini, pihaknya masih berupaya membersihkan material lumpur tersebut dari permukiman warga.

Meski tidak mengakibatkan korban jiwa, kata Dadi, satu unit rumah terbawa arus di Kampung Babakan Palah dalam musibah yang terjadi itu.

"Untuk lima kampung yang selama ini telah terendam banjir lumpur ada 5 unit, Ciroyom 2 unit, Barusuda 1 unit, Pasir Tengah 2 unit, dan Cikahuripan 1 unit termasuknya Komplek Yayasan Nurul Palah. Petugas BPBD sekarang masih melakukan pendataan terkait rumah terendam dan rusaknya setelah terbawa lumpur," ujarnya.

Dadi mengungkapkan, intensitas hujan sekarang ini akan terus terjadi di setiap daerah dan rata-rata hujan tersebut turun sekitar pukul 15.00 sampai pagi hari tapi masyarakat juga tentu harus waspada karena tidak hanya banjir tapi longsor dan angin puting beliung juga masih terus terjadi di Kabupaten Garut termasuknya di Jawa Barat.

"Kami meminta agar masyarakat tetap waspada jika hujan turun selama 2 jam harus segera meninggalkan lokasi agar tidak terjadi kejadian seperti longsor. Akan tetapi, hujan yang terjadi selama ini telah menyebabkan longsor, banjir, pergerakan tanah dan angin puting beliung meski alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," paparnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More