Wisata Kuliner Online: Cara Baru Nikmati Citarasa Nusantara

Penulis: MI Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 15:35 WIB Humaniora
Wisata Kuliner Online: Cara Baru Nikmati Citarasa Nusantara

FOTO-FOTO: DOK. GOJEK
Chief Commercial Expansion GOJEK Catherine Hindra Sutjahyo (kanan), dan VP Marketing GO-FOOD Aristo Kristandyo dalam acara GOFOOD Berbagi Pandangan tentang Pencapaian 2018 dan Prediksi Kuliner 2019 serta Apresiasi Pemenang Pesta MaMiMuMeMo di Jakarta, Seni

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di negara dengan beragam budaya, kita memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya yaitu ketersediaan beraneka jenis kuliner.

Berkeliling Nusantara demi mencicipi pelbagai kuliner khas menjadi salah satu kebiasaan yang enggan dilewatkan bagi banyak orang. Akan tetapi, sering kali agenda berwisata kuliner terbentur padatnya jadwal atau itinerary jalan-jalan yang ditentukan.

Bayangkan jika semua agenda mengunjungi destinasi wisata hits dan menjajal bermacam kuliner khas dapat terpenuhi sekaligus. Waktu liburan menjadi efisien. Asyik, bukan? Untuk memenuhi impian itu, kini wisata kuliner bisa dilakukan secara online. Tapi, ini bukan sekadar memesan demi memuaskan rasa penasaran kita terhadap makanan-makanan lokal, ya.

Ada sejumlah tahap penting agar dapat menyantap makanan enak dan murah. Yang lebih penting lagi, efisien karena cukup menggunakan satu aplikasi dalam smartphone. Berikut tips and tricknya.

1. Tentukan daftar hidangan­ khas lokal yang ingin dicoba
Karena variasi jenis kuliner Nusantara sangat banyak, alangkah baiknya menyusun daftar makanan atau minuman yang ingin dinikmati selama berwisata secara online. Jika bepergian dengan sekelompok teman/grup, perlu membuat daftar prioritas makanan dan jajanan favorit masing-masing, tapi tetap bijak sehingga dapat menghabiskannya alias tidak mubazir. Daftar prioritas penting karena berhubungan dengan promo yang pasti juga dinantikan banyak orang.

Nah, penentuan skala prioritas kuliner tentu membutuhkan referensi. Untuk itu, coba cek menu populer dari sumber terpercaya dan mengerti favorit warga setempat. Contohnya, GO-FOOD sebagai layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara dalam aplikasi GOJEK.

Menurut data yang dihimpun GO-FOOD, masyarakat Indonesia selama tiga bulan terakhir pada umumnya suka memesan pisang goreng madu. Wah, ini membuktikan bahwa mayoritas masyarakat memang belum bisa move on dari hidangan yang satu ini, ya!

Jika sudah tahu jenis makanan seperti itu, prioritaskan berdasarkan area. Misalnya, penasaran dengan makanan yang ada di Jakarta. Berburu pisang goreng madu khas Jakarta pasti masuk dalam pertimbangan. Seru banget kan?

Catherine Hindra Sutjahyo – Chief Commercial Expansion GOJEK dan Aristo Kristandyo – VP Marketing GO-FOOD menyerahkan kunci motor secara simbolis kepada Jacqueline Hassan dan Celine Putri Susantyo - Pemilik Merchant Kopi Janji Jiwa cabang Radio Dalam dan Fachrie Rizky Fauzan – Mitra Driver dalam acara GO-FOOD Berbagi Pandangan tentang Pencapaian 2018 dan Prediksi Kuliner 2019 serta Apresiasi Pemenang Pesta MaMiMuMeMo, Senin (7/1/2019)

2. Lihat kalender perayaan hari-hari besar
Travelling kini tidak lagi hanya di akhir tahun atau setelah musim hari raya. Dalam menentukan jadwal cuti liburan, sebaiknya dibarengi dengan menyamakan momen perayaan hari besar lain. Banyak sekali promo yang diadakan berbarengan dengan hari nasional.

Jika mengincar sesuatu yang lebih spesifik, seringlah memantau aplikasi GO-FOOD. Seperti awal Mei tahun 2018 lalu, GO-FOOD yang sudah menjadi bagian lekat di kehidupan masyarakat menggelar Hari Kuliner Nasional (Harkulnas). Dengan menggandeng lebih dari 7.000 merchant yang berpartisipasi dalam acara ini, Harkulnas GO-FOOD merupakan pesta kuliner terbesar di Indonesia yang memanjakan konsumen di berbagai kota.

Dengan banyaknya deretan merchant yang berpartisipasi pasti membutuhkan banyak waktu yang harus disediakan untuk memilih. Karenanya, skala prioritas menetapkan makanan yang digemari dalam melakukan wisata kuliner online menjadi sangat penting.

3. Cari tahu merchant favorit penduduk lokal
Kalau sudah tahu jenis makanan yang populer di daerah atau kota tersebut, jangan lupa mencari tahu merchant favorit masyarakat setempat. Untuk mencari informasi tentang merchant yang menjual makanan incaran, GO-FOOD bisa diandalkan. Hanya perlu buka aplikasi, ketik jenis makanan, lalu klik tombol search, kemudian muncul deh hasilnya. Jadi, sangat dipermudah ya sekarang untuk mencari pilihan kuliner Nusantara.

Selain itu, cek pula sekitar 300 ribu mitra merchant di Indonesia pada layanan aplikasi GO-FOOD berdasarkan jenis makanan atau rekomendasinya seperti Best Seller dan 24 Hours. Sebagai platform kuliner terlengkap di Indonesia dengan inovasi teknologi termutakhir dan analisa big data, GO-FOOD menjadi Social Proven Personalized Food Expert yang memberikan kemudahan dalam menemukan dan menentukan kuliner favorit melalui rekomendasi yang disesuaikan berdasarkan dengan riwayat pemesanan serta selera masing-masing pengguna.

Kemampuan GO-FOOD sebagai food expert semakin terbukti dengan memperoleh anugerah sebagai Gold Winner kategori Application Sub Category Food and Culinary dari Mobile DNA (Devices, Networks, Application) Awards 2018, akhir tahun lalu.

Setelah mengetahui merchant pilihan, cari tahu juga brand yang menjadi mitra mereka. Pasalnya, brand besar seperti GO-FOOD akan menggelar promosi secara berkala. Dengan demikian, tersedia dua opsi, yaitu mendapat promo dari merchant incaran dan mitra merchant tersebut seperti GO-FOOD.

 

(Dari kiri) Jacqueline Hassan dan Celine Putri Susantyo - Pemilik Merchant Kopi Janji Jiwa cabang Radio Dalam, Fachrie Rizky Fauzan – Mitra Driver, dan Catherine Hindra Sutjahyo - Chief Commercial Expansion GOJEK dalam acara GO-FOOD Berbagi Pandangan tentang Pencapaian 2018 dan Prediksi Kuliner 2019 serta Apresiasi Pemenang Pesta MaMiMuMeMo di Jakarta, Senin (7/1/2019).

4. Pantau promo dari media sosial
Saat berburu kuliner, pasti muncul keinginan membagikannya ke teman-teman dan keluarga melalui media sosial. Tapi, media sosial tidak hanya menjadi tempat untuk memamerkan hasil wisata kuliner melainkan juga sebagai tempat berburu promo. Apalagi jika promonya berhadiah menarik seperti uang atau barang mewah.

Pada umumnya, brand besar menawarkan promo-promo menarik secara berkala. Kare­nanya, langkah selanjutnya yaitu memantau media sosial brand-brand tersebut. Media sosial yang dimaksud dapat berupa Twitter, Facebook, ataupun Instagram.

Dari tiga media sosial tersebut, satu yang wajib kamu punya, yaitu Instagram. Kenapa? Karena platform ini sudah terkenal menjadi wadah promosi, baik dari merchant maupun perusahaan. Bila mencari pengalaman kuliner online murah, banyak promo di Instagram. Jangan lupa untuk follow juga media sosial brand besar supaya tidak ketinggalan informasi promo terkini.

Manfaat mengikuti media sosial yaitu mengetahui perkembangan dan promo terkini dari brand tersebut. Lihat saja GO-FOOD yang baru-baru ini menggelar wisata kuliner online Pesta MaMiMuMeMo (Makan Minum Murah Menang Mobil). Tidak cuma menawarkan kuliner murah, pesta tersebut juga memberikan hadiah mingguan berupa sepeda motor dan smartphone hingga grand prize berupa satu mobil Toyota C-HR.

Di awal tahun 2019, GO-FOOD juga terus memberikan banyak keuntungan. Salah satunya, pemesanan makanan dan minuman favorit dengan gratis ongkir sepanjang hari. (S4-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More