Laju Rupiah Mulai Kebal Tekanan Eksternal

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 13:17 WIB Ekonomi
Laju Rupiah Mulai Kebal Tekanan Eksternal

ANTARA

LAJU nilai tukar rupiah mampu kembali melanjutkan kenaikannya. Sentimen The Fed yang terlihat lebih lunak dari sebelumnya dengan pelaku pasar menilai agresivitas The Fed dalam menaikan tingkat suku bunganya berkurang membantu rupiah kembali menguat.

Rupiah pada sesi 1 perdagangan, Jumat (11/1), dijeda pada level Rp14.032,5 per dolar AS menguat 0,14% dari penutupan hari sebelumnya di Rp 14.52,5 per dolar AS. Selain itu, kenaikan tingkat bunga penjaminan LPS sebesar 25 bps turut direspon baik.

Di sisi lain, mulai menguatnya laju dolar AS terjadi seiring dengan sikap pelaku pasar yang mengambil posisi pada mata uang dolar AS.

Hal itu sebagai imbas sentimen penantian akan hasil perundingan kesepakatan AS dan Tiongkok, kekhawatiran akan government shutdown di AS, hingga masih berlangsungnya proses negosiasi Brexit.

Baca juga: Tren Positif Rupiah Diprediksi Berlanjut

"Namun ini tidak menghalangi laju penguatan rupiah. Diperkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.032-14.065," jelas analis CSA Research Institute Reza Priyambada, Jumat (11/1).

Meski laju rupiah masih dapat bergerak positif, rupiah rawan berbalik melemah seiring dengan mulai menguatnya laju USD.

Adanya rilis beberapa data ekonomi AS yang dianggap positif dan belum berkurangnya posisi pelaku pasar pada mata uang dolar AS membuat mata uang ini berpotensi menguat sehingga dapat menahan penguatan rupiah. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More