Cerita Moussa Maamari yang Bangun Kastil Seorang Diri

Penulis: Budi Ernanto Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 09:57 WIB Weekend
Cerita Moussa Maamari yang Bangun Kastil Seorang Diri

Wikipedia

JIKA berkunjung ke Lebanon, jangan lupa singgah di Kastil Moussa. Lokasinya ada di antara Deir al-Qamar dan Beit ed-Dine. Apa yang istimewa dari kastil tersebut, ialah sejarah pembangunannya. Selama kurang lebih setengah abad sejak 1962, kastil tersebut dibangun sendiri oleh Moussa Maamari.

Pria asli Lebanon yang meninggal pada 2018 di usia 87 tahun itu memang sejak kecil bermimpi ingin bisa membangun kastilnya sendiri. Ketika berusia 14 tahun, dia menggambar sebuah desain kastil di sela-sela waktu belajar di sekolahnya.

Ketahuan oleh sang guru, kertas bergambar rancangan Maamari dirobek. Maamari bahkan diolok-olok oleh teman-temannya karena dianggap memiliki mimpi yang mustahil dicapai.

“Ayah saya kemudian mengambil robekan kertas itu. Dia mengatakan ke teman-temannya bahwa mereka akan melihat kastil sesungguhnya yang akan dia bangun suatu hari nanti,” kata Ziad Al Maamari, putra Maamari.

Tidak lama dari kejadian itu, Maamari pindah ke kota tempat pamannya tinggal di Sida. Dia direkrut pamannya untuk merenovasi sebuah benteng. Pengetahuan Maamari soal arsitektur pun bertambah. Hingga akhirnya dia masuk menjadi anggota tim renovasi Istana Beiteddine.

Dari merenovasi Istana Beiteddine, Maamari berhasil mengantongi 15 ribu pound Lebanon. Ketika itu dia merasa cita-citanya akan terwujud lantaran mendapati ada tanah kosong seluas kurang lebih 325 meter persegi dan langsung memulai proyek impiannya saat dirinya berusia 31 tahun.

“Ayah saya menuliskan kalimat ‘saya masuk ke sini ketika muda dan keluar dari sini ketika sudah tua, di salah satu pintu. Artinya ayah saya menghabiskan sepanjang waktunya untuk membangun kastil ini,” kata Ziad.

Kastil Moussa pun kini didatangi oleh seribu wisatawan setiap harinya. Mereka bisa menikmati pahatan yang berbeda di setiap batu bata dan patung manusia yang memeragakan keseharian masyarakat Lebanon. Semua karya itu juga lahir dari tangan Maamari dan menonjolkan kebudayaan asli tanah airnya. (BBC/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More