Rektor UGM Akhirnya ke ORI

Penulis: (AT/AU/N-3) Pada: Rabu, 09 Jan 2019, 04:50 WIB Nusantara
Rektor UGM Akhirnya ke ORI

Antara

REKTOR UGM, Panut Mulyono, meme-nuhi surat panggilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Panut mengklarifikasi dugaan maladministrasi penanganan dugaan pemerkosaan yang dialami mahasiswi UGM.

“Tadi Pak Ketua (ORI) bilang ada tujuh pertanyaan, tapi karena diskusi jadinya berkembang,” kata Panut seusai dimintai keterangannya di Kantor ORI Perwakilan DIY,  Selasa (8/1).

Yang dijelaskan rektor kepada ORI ialah prosedur penanganan dugaan pemerkosaan dari awal hingga akhir. Rektor pun menjelaskan dua dugaan maladminustrasi yang ditemukan ORI, yakni penundaan penanganan kasus dugaan pemerkosaan dan memasukkan nama HS dalam daftar wisuda tidak sesuai prosedur yang disarankan tim investigasi (dari UGM).

Panut membantah penundaan penanganan kasus yang terjadi pada 2017. Dalam pertemuan tertutup se-lama dua jam lebih itu, Panut menjelaskan apa yang dilakukan UGM pada hari-hari yang dianggap ORI ada kekosongan.

Rektor juga membantah dugaan ORI terkait dengan peranan rektor memasukkan nama HS dalam daftar yudisium. Menurut dia, HS bisa masuk dalam daftar yudisium karena proses tersebut sudah berjalan sejak dari fakultas. “Pendaftaran wisudawan dari fakultas. Verifikasi akhir ada di Di-rektorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM. Yang terakhir memutuskan sesorang bisa wisuda atau tidak itu di DPP,” kata dia.

Terkait dengan Tim Komite Etik UGM, kata dia, sudah menyampaikam hasilnya pada 31 Desember 2018. Pi-haknya belum bisa menyampaikan rekomendasi tersebut karena sedang mengkajinya

Untuk permintaan HS agar segera diwisuda, bagi Panut, bisa saja asalkan memenuhi persyaratan. Saat ini HS tengah memenuhi mandatori konseling dan belum tuntas.

Penuntasan kasus dugaan pemerkosaan di Polda DIY, kata dia, berjalan independen. (AT/AU/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More