Penerbitan IUPK Freeport Tunggu KLHK dan Kemenkeu

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 17 Des 2018, 16:25 WIB Ekonomi
Penerbitan IUPK Freeport Tunggu KLHK dan Kemenkeu

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

DIREKTUR Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono menegaskan penyusunan dokumen izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia telah rampung. Sebelum diterbitkan, izin ini masih menunggu dokumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Masih dibahas masing-masing. KLHK bahas lingkungan dan Kemenkeu keuangan," terangnya usai menghadiri penghargaan Tim ESDM siaga bencana tsunami, gempa bumi dan likuifaksi Sulawesi Tengah dari 120 perusahaan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/12)

Baca Juga: Dana di Kantong, Inalum Tunggu IUPK dan Freeport

Bambang menambakan, ketentuan IUPK dari sisi Kementerian ESDM sudah rampung seutuhnya tinggal diterbitkan. Namun hal itu tidak bisa langsung diberikan kepada PT Freeport Indonesia karena harus sepaket dengan ketentuan keuangan serta lingkungan.

"Kalau dari ESDM sudah selesai," tegasnya.

Ia berharap kedua kementerian bisa segera menuntaskan pembahasan dokumen yang dibutuhkan supaya akhir tahun ini proses divestasi selesai dan IUPK terbit.

"Berdoa sama-sama supaya selesai cepet dan IUPK terbit bersamaan dengan penyelesaian transaksi," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More