IFC Bertekad Selenggarakan Show di Paris Tiap Tahun

Penulis: Suryani Wandari Pada: Senin, 17 Des 2018, 16:35 WIB Weekend
IFC Bertekad Selenggarakan Show di Paris Tiap Tahun

DOK IFC
Salah satu busana yang diperagakan di Paris.

INDONESIA Fashion Chamber (IFC), belum lama ini telah menggelar peragaan bertajuk La Moda Sur La Seine a Paris, di kota kiblat mode dunia. Peragaan di Paris, Perancis itu bukan peragaan biasa melainkan diselenggarakan di atas kapal yang berlayar di Sungai Seine yang juga menyusuri area dekat Menara Eiffel.

Koleksi dari 16 desainer anggota IFC diperagakan di sana dengan seluruhnya mengangkat material adati meski tema yang diangkat bernuansa global. Contohnya, Deden Siswanto menampilkan kain adati yang dikemas dengan siluet kimono musim dingin, Lenny Agustine yang menampilkan batik dari Kabupaten Kepulauan Sula- Maluku Utara, dan Sofie yang menampilkan tenun dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Tamu yang datang  melebihi kapasitas dari 400 tempat duduk yang disediakan. Mereka bahkan merespon positif terhadap keunikan konten lokal yang diangkat para desainer Indonesia,” kata Ali Charisma, Ketua Umum IFC di Jakarta, Jumat (14/12).

Keberhasilan itu membuat IFC mencanangkan kegiatan serupa sebagai ajang tahunan yang akan menjadi pintu masuk bagi para desainer Indonesia untuk menarik buyer mancanegara khususnya Eropa ke Indonesia. ”Bukan hanya mengenalkan buyer (pembeli) di sana tetapi menarik buyer untuk datang ke Indonesia. Lewat acara kemarin, sudah dipastikan da 5-6 buyer yang akan bekerjasama dengan para desainer, tetapi namanya memang nama-namanya belum bisa dibocorkan,”lanjut Ali.

Sementara itu Gati Wibawaningsih, Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian mengatakan acara yang menampilkan banyak busana santun (modest) itu semakin mendekatkan Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia. “Rasanya memang perlu menjadikan Indonesia sebagai salah satu kiblat fesyen muslim dunia karena negara kita merupakan penduduk muslim terbesar di dunia bahkan peluang pasar domestiknya mencapai US$20 miliar yang berarti menguasai 1,9% pasar feysen dunia,” kata Gati. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More