Gerak Cepat Klub-Klub Liga 1

Penulis: Achmad Maulana Pada: Minggu, 16 Des 2018, 22:30 WIB Sepak Bola
Gerak Cepat Klub-Klub Liga 1

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

KOMPETISI Liga 1 baru saja usai dengan menghasilkan Persija Jakarta sebagai kampiun. Namun, klub-klub anggota kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu seper­tinya tidak suka berdiam diri sambil menunggu dimulainya kompetisi.

Mereka langsung bergerak cepat dalam menyiapkan tim. Beberapa di antara mereka bahkan sudah memburu pemain anyar, sedangkan yang lain  mencari pelatih baru.

PSM Makassar misalnya. Tim berjuluk ‘Juku Eja’ itu terang-terangan tertarik untuk mendatangkan dua pemain naturalisasi di Sriwijaya FC, yakni Alberto Goncalves dan Esteban Vizcarra.

Dengan kondisi Sriwijaya FC yang terdegradasi ke Liga 2, kedua pemain itu amat mungkin akan hengkang. Kondisi itulah yang coba dimanfaatkan PSM. Apalagi, mereka juga akan berlaga di AFC Cup.

“Kami sedang dalam pencarian apakah memang ada pemain naturalisasi yang cocok dengan rencana kami. Semua posisi sedang kami pantau,” kata pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts.

“Semua pemain yang dilepas klub mereka kami pantau, ini bukan masalah mau memanggil mereka, tapi ini juga masalah uang,” ujar imbuhnya.
Saat ini, PSM Makassar memiliki pemain naturalisasi berdarah Nigeria, Guy Junior. Bersama tim berjuluk ‘Ayam Jantan dari Timur’ itu, Junior mampu berkontribusi dengan mencetak delapan gol dari 31 kali penampilannya.

“Kami tidak mau menjadi pelengkap penderita di AFC Cup. Kita tahu, Piala AFC itu bukan sesuatu yang gampang. Pokoknya kita harus maksimal,” tegas CEO PSM, Munafri Arifuddin.

Senada, Persib Bandung pun sudah pasang kuda-kuda. Meski masih dalam hukuman PSSI hingga pertengahan musim depan, ‘Maung Bandung’ tetap bersiap diri.

Diungkapkan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono, saat ini mereka sibuk menyeleksi para calon pemain yang ingin  membela skuat ‘Maung Ban­dung’ untuk musim depan.

“Pemain yang melamar ke Persib banyak. Rekrutmen pemain baru ini tidak terlepas dari pandangan pelatih yang akan mengarsiteki Persib karena ini kan ranahnya pelatih. Seberapa banyak yang melamar kita tampung dulu.”

Tidak hanya itu, diperpanjang atau tidak kontrak para pemain lama belum dipastikan. Menurut dia, segala ke-mungkin­an masih bisa terjadi, bergantung pada pelatih yang akan menangani pada kompetisi 2019.

“Untuk persiapan musim depan, kita akan tentukan dulu sosok pelatih. Tentunya nanti kita akan bicarakan tentang pemain untuk musim depan,” katanya.

Soal sosok pelatih baru, ma-najemen masih mempertimbangkan banyak nama. Manajemen berharap ada keputusan setelah melakukan evaluasi dan pembahasan bersama di jajaran manajemen. “Intinya  kita bergerak cepat. Makin cepat, makin bagus.”

Benahi stadion

Berbeda dengan kedua klub tersebut, PSS Sleman lebih fo-kus pada pembenahan stadion yang akan menjadi kandang mereka di Liga 1. PSS dipastikan naik kelas setelah sukses menjuarai Liga 2 2018.

“Beberapa waktu lalu rumput lapangan sudah kami coba bongkar di beberapa titik yang menggenang. Tapi kemudian masuk musim kemarau, sehingga ketika nanti curah hujannya tinggi, kita juga belum tahu. Namun, sudah saya cek ke laboratorium tanah,” kata kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumadi. (Ant/Goal/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More