BMKG: Siklon Kenanga Bergerak Menjauhi Indonesia

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Minggu, 16 Des 2018, 18:01 WIB Humaniora
BMKG: Siklon Kenanga Bergerak Menjauhi Indonesia

MI/Galih Pradipta

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya siklon tropis Kenanga yang terjadi pada 16 dan 17 Desember.

Menurut analisis BMKG, pada Minggu (16/12) pada pukul 13.00 WIB, menunjukkan siklon tropis Kenanga berada di Samudra Hindia barat daya Bengkulu. Tepatnya pada koordinat 9,5 LS dan 90,7 BT atau sekitar 1.400 kilometer sebelah barat daya Kerinci.

Baca juga: Siklon Tropis Picu Cuaca Ekstrem

Siklon tropis Kenanga bergerak ke arah selatan barat daya dengan kecepatan 8 knots (14 kilometer/jam), bergerak menjauhi Indonesia dengan tekanan terendah 996 mb dan kekuatan 40 knots (75 kilometer/jam).

Dalam 24 jam, BMKG memperkirakan pada Senin (17/12) pukul 13.00 WIB, posisi siklon tropis Kenanga masih berada di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, tapi pada koordinat 11,6 LS dan 88,5 BT atau sekitar 1.730 kilometer sebelah barat daya Kerinci.

Siklon tropis Kenanga akan bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 7 knots (14 kilometer/jam), dan semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Walaupun menjauhi Indonesia, siklon tropis Kenanga tetap memiliki dampak adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia.

Berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan BMKG, gelombang laut setinggi 1,25 sampai 2,5 meter akan ada di perairan barat Aceh, perairan barat pulau Simeulue hingga kepulauan Nias, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh, perairan selatan Jawa Barat, hingga Sumbawa.

Sementara itu, gelombang laut setinggi 2,5 sampai 4,0 meter akan berdampak di perairan barat kepulauan Mentawai, perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, dan laut Natuna Utara. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More