Kota Batu Miliki Tujuh Desa Tangguh Bencana

Penulis: Bagus Suryo Pada: Minggu, 16 Des 2018, 14:30 WIB Nusantara
Kota Batu Miliki Tujuh Desa Tangguh Bencana

Dok. Pribadi

PEMERINTAH Kota Batu, Jawa Timur, membentuk tujuh desa tangguh bencana. Kelima desa itu di Gunung Sari, Sisir, Tulungrejo, Pandanrejo, Junrejo, Sumbergondo dan Temas.

"Anggaran pembentukan desa tangguh bencana menggunakan APBD," tegas Supervisor Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Batu Ismu Buana kepada Media Indonesia, Minggu (16/12).

Ia menjelaskan lima desa itu berada di daerah paling rawan bencana diantaranya banjir dan tanah longsor. Karenanya masyarakat setempat dibekali kemampuan ketangguhan dalam mengatasi bencana sekaligus kemandirian untuk cepat pulih pascabencana. 

Peningkatan kapasitas itu sangatlah penting agar masyarakat mampu mengurangi risiko yang ditunjukkan dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

Selama ini, lanjutnya, BPBD rutin melakukan sosialisasi dan edukasi termasuk membentuk relawan siaga bencana. Relawan-relawan yang sudah terbentuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas reaksi cepat, melaporkan semua situasi, kondisi dan kejadian di daerah masing-masing. 

Setelah terbentuknya desa tangguh tersebut nyatanya mampu memudahkan komunikasi kendati sejak Juli 2018 ada 14 kejadian bencana mulai banjir, longsor hingga kebakaran lahan.

"Saat ada informasi bencana, petugas reaksi cepat di dalamnya meliputi logistik dan peralatan langsung bergerak," katanya.

Baca juga: Longsor di Tobasa, Sembilan Warga Meninggal


Sementara memasuki musim hujan sekaligus menghadapi Natal dan tahun baru, petugas reaksi cepat dan pusat pengendalian operasi BPBD secara rutin memantau dan berkoordinasi dengan pengelola objek wisata alam. 

Pihaknya meminta pengelola segera menutup objek wisata untuk semua kunjungan saat cuaca berubah mengarah ke ekstrim.

Selain itu meningkatkan kewaspadaan di daerah rawan bencana lainnya. Adapun yang menjadi perhatian serius, yaitu Coban Talun, Coban Rais, Gunung Sari dan wisata rafting di Sungai Brantas. 

"Kami juga siaga di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Bumiaji dan Batu," tuturnya. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More