Pesta untuk Pulang ke Rumah

Penulis: Zuq/M-3 Pada: Sabtu, 15 Des 2018, 23:40 WIB Weekend
Pesta untuk Pulang ke Rumah

DOK CHOP BUNTUT CAK YO

BUNTUT dikenal sebagai bahan masakan yang cukup mendapat tempat di khazanah kuliner masyarakat. Potongan setiap jengkal buntut mungkin tidak terlalu berbeda. Namun, ketika hadir dalam mangkuk, pastilah lidah yang akan menjadi juri. Bahan buntut boleh sama, yang membedakan ialah rasa.

Itulah yang menjadi pembeda Chop Buntut Cak Yo. Masakan berbahan buntut menjadi salah satu ikon dari tempat makan itu. Apa pun menu yang dihadirkan, pasti tidak jauh dari buntut. Resep legendaris dari pria bernama Cak Yo yang memasak sup buntut dari resep turun-temurun keluarga.

Jika sebelumnya sudah kenal dengan menu sup buntut spesial Cak Yo, cita rasa itu akan hadir kembali dalam varian berbeda. Tidak hanya kuah orisinal dengan rasa gurih kuat, juga ditambah rasa keluwek. Kali ini, buntut berpadu dengan kuah rawon yang identik dengan daging.

Warna hitam pekat kuah menjadi pertanda kuah itu ialah rawon. Warna hitam dihasilkan dari keluwek yang menjadi bumbu utama masakan rawon. Masakan khas Jawa Timur itu mempunyai rasa yang khas. Lidah yang sudah terbiasa dengan cita rasa ala Jawa Timur, tentu bisa dengan mudah membedakan mana yang pas mana yang kurang.

Begitulah salah satu menu baru Chop Buntut Cak Yo di Mal Taman Anggrek, Kamis (6/12). Hidangan rawon buntut diluncurkan bersama dua makanan baru lain, yakni garang asem buntut dan garang asem iga. Gurih menjadi peneman setia dari rasa keluwek yang khas. Rasa yang kuat dari kuah rawon berpadu dengan lembutnya daging yang menempel di tulang buntut. Butuh proses memasak yang cukup memakan waktu untuk bisa menghasilkan daging yang bertekstur lembut. Kuncinya ada pada api kompor dan lama waktu memasak.

Potongan sempurna dari buntut itu juga memberikan sensasi berbeda pada lidah ketika bergerilya menyusuri setiap jengkal buntut untuk daging yang tersisa. Tidak ada retakan maupun pecahan yang terlepas dari tulang. Ternyata sensasi nyaman di lidah itu muncul dari teknik pemotongan buntut (chopping technique) yang membuat tulangnya tidak pecah.

Cita rasa berani dari setiap hidangan yang dihadirkan. Cita rasa asli dari rawon masih bisa dengan mudah dirasakan. Ketika kuah bertemu lidah, indra perasa akan langsung menemukan cita rasa rawon yang begitu kuat.

Sop buntut kerap disebut sebagai masakan rumahan, sedangkan rawon dianggap sebagai makanan pesta. Maka rawon buntut ialah undangan untuk segera pulang ke rumah untuk pesta.

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More