Teka-teki Silang tidak Dapat Mencegah Demensia

Penulis: (Dailymail/*/L-2) Pada: Sabtu, 15 Des 2018, 07:15 WIB Weekend
Teka-teki Silang tidak Dapat Mencegah Demensia

SHUTTERSTOCK DANIEL FUNG

APAKAH Anda sering mengisi waktu dengan mengisi teka-teki silang atau TTS? Mengisi teka-teki silang atau sudoku ternyata tidak dapat memperlambat penurunan kesehatan mental di masa tua. Begitulah hasil penelitian baru-baru ini.

Padahal, sejak lama para ahli memercayai teori neurological Use it or lose it. Mereka percaya, melatih otak sepanjang hidup dapat memperlambat penurunan fungsi otak di masa tua.

Namun, para peneliti dari Universitas Aberdeen menemukan hal tersebut tidak banyak terjadi.

Dalam penelitian, tim tersebut merekrut 498 orang dengan usia 64 tahun dan mengikuti mereka selama 15 tahun. Lalu peneliti memonitor kemampuan mental mereka sepanjang periode tersebut.

Hasilnya, mereka menemukan orang-orang yang terlibat dalam aktivitas yang merangsang secara intelektual sehari-hari memiliki kemampuan mental yang lebih tinggi pada awal penelitian. Namun, pada 15 tahun berikutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan.

Para peneliti yang memublikasikan hasil penelitian mereka di Jurnal British Medical mengatakan hasil penelitian tersebut mengindikasikan keterlibatan dalam penyelesaian masalah tidak bisa melindungi individu dari penurunan kesehatan mental.

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More