Ikuti Voyager 1, Voyager 2 Masuki Ruang Antarbintang

Penulis: (AFP/Dailymail/Sciencealert/Rkp/L-2) Pada: Sabtu, 15 Des 2018, 06:40 WIB Weekend
Ikuti Voyager 1, Voyager 2 Masuki Ruang Antarbintang

AFP

BARU-BARU ini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan pesawat angkasa luar Voyager 2 telah meninggalkan gelembung pelindung di sekitar tata surya (heliopause) dan terbang melintasi ruang antarbintang. Wahana itu menjadi objek kedua buatan manusia yang berhasil melintasi heliopause setelah kembarannya, Voyager 1, melaluinya pada Agustus 2012.

Para ilmuwan percaya wahana seberat 735 kg itu melintasi tepi luar heliosphere setelah membandingkan data dari instrumen yang berbeda di atas pesawat ruang angkasa tersebut. Suzanne Dodd, manajer proyek Voyager di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, mengatakan mereka menantikan hal yang dapat mereka pelajari dari kedua wahana itu di luar heliopause.

Saat ini jarak Voyager 2 telah mencapai lebih dari 11 miliar mil dari bumi dan bergerak dengan kecepatan lebih dari 55 ribu mil per jam.

Meskipun telah meninggalkan heliopause, bukan berarti Voyager 1 dan 2 telah meninggalkan tata surya. Dalam sebuah pernyataan, NASA mengungkapkan batas tata surya berada di luar tepi luar awan Oort atau kumpulan benda-benda kecil yang masih berada di bawah pengaruh gravitasi matahari.

Wahana kembar yang diluncurkan secara terpisah itu masih akan memakan waktu yang lama untuk dapat meninggalkan tata surya, yaitu sekitar 300 tahun bagi Voyager 2 untuk mencapai tepi bagian dalam awan Oort dan mungkin 30 ribu tahun untuk terbang di atasnya.

Itu terjadi karena lebar awan Oort sangat besar. Tidak ada ahli yang yakin seberapa besar awan Oort. Namun, para ilmuwan memperkirakan lebarnya antara 1.000 jarak bumi dan matahari (satuan astronomi/SA), dan membentang hingga 100 ribu AU. Zona itu ada di antara 0,16 dan 1,6 tahun cahaya dari matahari.

Dalam peluncurannya, kedua wahana yang dirancang untuk mengeksplorasi Jupiter dan Saturnus itu dilengkapi dengan piringan emas berisi salam dalam 59 bahasa, 115 gambar, pesan dari Presiden Jimmy Carter, dan Sektretaris Jenderal ke-4 PBB Kurt Waldheim, serta suara-suara alam, seperti ombak, gelombang, angin, dan petir, serta kicauan burung.

Hasil temuan

Setelah peluncuran kedua wahana yang dibangun Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, tersebut, pada 20 Agustus (Voyager 2) dan 5 September 1977 (Voyager 1), keduanya telah banyak memberikan temuan penting dalam dunia astronomi.

Beberapa temuan keduanya ialah 24 bulan di sekitar Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Voyager 2 juga berhasil mengambil foto pertama cincin Jupiter, Uranus, dan Neptunus.

Selain itu, wahana kembar tersebut telah menemukan indikasi laut di luar bumi, tepatnya di bawah es bulan milik Jupiter (Europa), serta Gunung berapi aktif pertama di luar bumi di bulan milik Jupiter.

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More