Dana Desa Harus Beri Manfaat Besar

Penulis: (Nur/E-1) Pada: Jumat, 14 Des 2018, 23:45 WIB Ekonomi
Dana Desa Harus Beri Manfaat Besar

MI/Seno

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan agar penggunaan dana desa untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya ingatkan agar penggunaan dana desa ini bisa fokus, bisa digunakan tepat sasaran, sesuai kebutuhan yang ada di desa, yang ada di kampung-kampung kita,” kata Jokowi dalam acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Provinsi Aceh, di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (14/12).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara didampingi Ibu Negara Iriana. Selain itu, hadir jajaran menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro ­Sandjojo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dana desa, terang ­Presiden, sudah empat tahun ­dikucurkan. Berdasarkan data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dana desa yang telah dikucurkan ialah pada 2015 sebesar Rp20,67 triliun, 2016 sebanyak Rp46,98 triliun, 2017 Rp60 triliun, dan tahun ini Rp60 triliun. Tahun depan dana desa yang akan dikucurkan sebesar Rp70 triliun.

“Silakan mau dipakai untuk bangun infrastruktur jalan di desa, di kampung, silakan. Untuk bangun irigasi, embung, posyandu, silakan. Tapi pastikan bahwa yang kita bangun itu memiliki manfaat besar bagi rakyat kita yang ada di kampung. Jangan sampai ­bangun sesuatu kemudian itu tidak bermanfaat,” tuturnya.

Berkat kucuran dana desa, Jokowi menyampaikan bahwa sudah banyak infrastruktur yang dibangun di desa-desa dalam kurun empat tahun ini, antara lain pembangunan jalan sudah mencapai sekitar 158 ribu km, lalu 18.400 posyandu, 48.600 PAUD, 6.900 pasar, dan 1,02 juta meter jembatan.

Pada kesempatan yang sama, Plt Gubernur Aceh Nova ­Iriansyah ­menyampaikan bahwa kucuran dana desa itu menunjukkan besarnya perhatian pemerintah kepada desa-desa, termasuk desa di Aceh.

Di Aceh, sambungnya, dana desa digunakan untuk membangun jalan desa, jembatan, drainase, pasar desa, embung desa, fasilitas kesehatan, dan lainnya.

“Kami berharap pemerintah terus meningkatkan kucuran dana desa untuk Aceh agar program ini bisa meningkatkan pembangunan di Aceh,” tukas Nova. (Nur/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More