Jabar Lebih Pas sebagai Provinsi Wisata

Penulis: (Ant/N-1) Pada: Jumat, 14 Des 2018, 23:00 WIB Nusantara
Jabar Lebih Pas sebagai Provinsi Wisata

MI/BAYU ANGGORO

IDENTITAS Provinsi Jawa Barat saat ini dinilai lebih tepat menjadi daerah pariwisata karena memiliki potensi yang mumpuni.  

“Pariwisata di Jawa Barat saat ini ibarat batu akik yang belum dipoles. Dengan mengambil filosofi susitanable tourist berarti wisata yang tidak pernah rusak dengan tidak mengorbankan kearifan lokal,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil saat berkunjung ke Sukabumi, Jumat (14/12).

Menurutnya, Jabar mempunyai potensi pariwisata yang hebat, tapi sayangnya masih banyak yang belum bahkan tidak dikelola dengan baik. Emil mengaku sering berkeliling ke beberapa lokasi wisata yang eksotik, alami, dan indah. Namun, untuk menuju lokasi itu, insfrastrukturnya kurang baik.

Dengan kondisi insfrastruktur yang tidak baik tersebut, wisatawan kesulitan menuju lokasi, padahal di daerah itu terdapat potensi wisata tersembunyi yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi pendapatan asli daerah (PAD) yang tinggi.

Maka dari itu, Emil menjelaskan pihaknya saat ini akan mengubah pola kepemimpinan sebagai Gubernur Jabar sehingga bisa lebih banyak berdiskusi dan mendengarkan curhat dari para kepala daerah agar mengetahui apa yang dibutuhkan.

“Jika butuhnya insfrastruktur untuk wisata, kami akan support sedemikian rupa agar akses menuju objek wisata bisa lancar dan mudah dilalui berbagai kendaraan sehingga potensi yang ada bisa terkelola sepenuhnya,” tambahnya.

Kang Emil menuturkan dari pengalaman dirinya yang kerap berkunjung ke beberapa negara yang mempunyai potensi wisata yang baik, ternyata setelah dibandingkan, objek wisata yang ada di Jawa Barat jauh lebih indah. Namun, di negara yang didatanginya itu, pariwisata ditata dan dikelola secara profesional sehingga terlihat lebih baik.

Beberapa pihak juga sependapat dengan Emil bahwa pembangunan dan aksesibilitas wisata juga perlu menjadi perhatian. Misalnya pembangunan jalan, bandara, hingga masalah listrik dan sebagainya yang bisa mendukung sektor pariwisata.

Pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu upaya strategis untuk memajukan sektor pariwisata di suatu daerah mengingat tren wisata dunia pada 2018 ialah pada sesuatu yang baru, yang unik, dan natural. (Ant/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More