LIPI Resmikan Laboratorium Biosafety Level-3

Penulis: Zubaidah Hanum Pada: Jumat, 14 Des 2018, 14:44 WIB Humaniora
LIPI Resmikan Laboratorium Biosafety Level-3

Ist

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meresmikan fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room di Pusat Penelitian Bioteknologi Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Jumat (14/12). Laboratorium ini akan digunakan untuk menguji hasil penelitian terkait pelibatan organisme patogen dan berbahaya.

”Adanya laboratorium ini akan memberi jaminan konsistensi hasil penelitian dan pembuatan produk, memperkecil bahaya yang bisa ditimbulkan produk karena kontaminasi, dan akhirnya meningkatkan kepercayaan stakeholder,” kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Sebagaimana diketahui, kegiatan penelitian di LIPI menghasilkan prototipe produk pangan dan obat yang masih harus melewati uji tantang terhadap mikroba dan virus. Selain itu, imbuhnya, aktivitas riset yang mengakses tumbuhan dan hewan liar Indonesia juga berpotensi membawa bakteri dan virus patogen.

Laboratorium BSL-3 dilengkapi dengan Cleaning Room serta Pilot Plant Good Manufacturing Practice (GMP) serta Good Laboratory Practice (GLP), untuk mendukung pengembangan dan produksi pangan serta obat berbasis bioteknologi dan biologi sintetik di Indonesia.

Baca Juga: LIPI: Indonesia Miliki Keanekaragaman Karang Tertinggi

Handoko menjelaskan, fasilitas BSL-3 ini merupakan syarat dan penelitian pangan dan obat/kesehatan dalam memberikan jaminan mutu atas hasil penelitian obat dan pangan terhadap produk yang dihasilkan.

“Termasuk juga menjamin aspek kehalalan, keamanan peneliti, dan lingkungan sekitarnya,” terang Handoko.

Plt Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Syamsidah Rahmawaty, mengungkapkan, BSL-3 melengkapi fasilitas penyimpanan mikroorganisme Indonesia Culture Collection (InaCC) yang telah dimiliki LIPI sebelumnya.

"InaCC belum dapat menampung virus dan bakteri patogen yang bisa menular ke manusia. BSL-3 punya fasilitas dan teknologi untuk itu, juga akan fokus pada hilirisasi obatnya," jelas dia.

Fasilitas terbaru LIPI ini telah meraih sertifikasi berdasarkan CWA 15793:2011 yang setara dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8340:2016. Gedung satu lantai dengan empat laboratorium dan satu ruang utilitas itu memiliki sertifikat internasional Sistem Manajemen Biorisiko satu-satunya di Indonesia.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More