Menteri ESDM: Pembangunan Sumur Bor Air Tanah untuk Kawasan Sulit Air

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Jumat, 14 Des 2018, 14:36 WIB Ekonomi
Menteri ESDM: Pembangunan Sumur Bor Air Tanah untuk Kawasan Sulit Air

ANTARA

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan lebih dari 2.290 sumur bor air tanah telah dibangun sejak tahun 2005 dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM. Sumur tersebut mampu melayani sekitar 6,59 juta jiwa.

"Pemanfaatan APBN harus dirasakan langsung oleh masyarakat terutama menengah ke bawah. APBN adalah uang rakyat, jadi kembali ke rakyat. Sumur bor air tanah untuk daerah sulit air merupakan bagian pelayanan berkeadilan sosial," ujar Jonan saat meresmikan 8 dari 40 sumur bor air tanah di Kabapaten Bogor yang dibangun dalam tiga tahun terakhir dan dapat melayani 80.000 jiwa, di Pondok Pesanteren Nurul Iman, Desa Warujaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12).

Menurut dia, sumur dibangun hanya di daerah sulit air. Kemudian setiap sumur memiliki kedalaman sekitar 125 meter dengan rata-rata debit air 1 hingga 2,4 liter per detik dan dapat memenuhi kebutuhan 2.000 orang.

"Khusus tahun 2018, rencana pembangunan sumur bor air tanah sebanyak 550 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 29 lokasi di Kabupaten Bogor," terangnya.

Baca Juga: Menteri PUPR: Perbanyak Sumur Bor Atasi Kekeringan

Jonan menuturkan sumur bor di Pesantren Nurul Iman dapat melayani kebutuhan air bersih bagi seluruh santri dan masyarakat sekitar. Sebelum adanya sumur bor air tanah, santri terkendala dalam mendapatkan air untuk kegiatan pondok pesantren. Sehingga mereka menjadi tidak produktif dan kegiatan pondok pesantren terhambat.

Untuk tahun 2019, Kementerian ESDM tetap melanjutkan pembangunan sumur bor di 750 lokasi di seluruh Indonesia di antaranya 35 lokasi di Kabupaten Bogor. Langkah ini dalam rangka meningkatkan pemanfaatan anggaran negara untuk kepentingan masyarakat atau kegiatan sosial.

Jonan juga mengimbau untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop sebagai upaya pengenalan Energi Baru Terbarukan bagi para santri.

"Tahun depan kita bangun PLTS yang bisa dihubungkan dengan aliran listrik PLN di ponpes ini," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More