Virgin Galactic Capai Angkasa Luar untuk Pertama Kalinya

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Jumat, 14 Des 2018, 14:15 WIB Internasional
Virgin Galactic Capai Angkasa Luar untuk Pertama Kalinya

AFP PHOTO / Adrian DENNIS

SPACESHIPTWO milik Virgin Galactic atau VSS Unity, Kamis (13/12), terbang mencapai ketinggian tertinggi mereka, melewati batas yang ditetapkan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) sebagai batas angkasa luar.

Penerbangan itu juga menjadi penerbangan dengan awak ke angkasa luar pertama dari daratan AS sejak 2011.

Penerbangan singkat dengan dua pilot di dalamnya merupakan tonggak sejarah penting bagi perusahaan milik miliarder Inggris Richard Branson yang bertekad mengirimkan turis ke angkasa luar dengan biaya US$250 ribu (sekitar Rp3,6 miliar) per orang.

Tidak ada pesawat angkasa luar berawak bertolak dari daratan AS sejak NASA mengakhiri program angkasa luar mereka, tujuh tahun lalu. Sejak saat itu, NASA bergantung pada roket Soyuz untuk mengirimkan astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Hari ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah, pesawat angkasa luar berawak, yang dibangun untuk mengangkut penumpang, berhasil mencapai angkasa luar," ujar Branson dalam sebuah keterangan resmi.

Baca juga: Jantung Tertinggal, Pesawat AS Putar Balik

"Ini adalah hari bersejarah dan saya sangat bangga tim kami berhasil membuka babak baru dalam eksplorasi angkasa luar," imbuhnya.

Pesawat angkasa luar Virgin Galactic itu tidak lepas landas menggunakan roket namun menumpang pada sebuah pesawat dari Mojave, California.

Setelah mencapai ketinggian tertentu, lebih tinggi dari 13.100 meter, pesawat itu menyalakan mesin mereka selama 60 detik dan mencapai ketinggian tertinggi 82,7 kilometer.

"Kami berhasil mencapai angkasa luar," cicit Virgin Galactic.

Definisi internasional angkasa luar adalah di atas ketinggian 100 kilometer namun Angkatan Udara AS memiliki batasan yang lebih rendah yaitu 80,5 kilometer.

Sebelumnya, Virgin Galactic mengatakan mereka akan menggunakan batasan milik Angkatan Udara AS mengenai angkasa luar sebagai standar mereka. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More