Kendaraan Bermotor Dilarang Masuk Pelintasan Sebidang KA

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Kamis, 13 Des 2018, 23:25 WIB Megapolitan
Kendaraan Bermotor Dilarang Masuk Pelintasan Sebidang KA

ANTARA

IMPLEMENTASI Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 114 menyatakan bahwa pelintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, seharusnya pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta api.

Senada disampaikan, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, secara jelas dalam undang-undang disebutkan bahwa tidak ada lagi pelintasan kereta api di kawasan Roxy Mas. Pasalnya, pelintasan sebidang jalur KA ditiadakan setelah dibangun jembatan layang atau flyover.

"Pelintasan sebidang itu dilarang, dalam rangka menjamin keselamatan kemudian setiap pembangunan flyover atau lintas atas itu harus ada rekomendasi dari DJKA, di mana salah satu pernyataan Dinas Bina Marga setelah flyover berdiri dan difungsikan maka pelintasan sebidang akan ditutup," kata Sigit, kepada Media Indonesia, Kamis (13/12).

Dia menjelaskan, persoalan itu sebenarnya telah menjadi komitmen lama bahkan proses penutupan telah dilakukan otoritas setempat dan DJKA.

"Artinya kita sepakati bersama konsentrasinya adalah aspek keselamatan dan sudah diatur dengan UU," sebutnya.

Oleh karena itu, terkait kebutuhan warga memang ada perubahan pola dalam perjalanannya. Akan tetapi, dia menegaskan kesadaran warga justru sangat menentukan guna menaati peraturan tersebut.

"Mana yang lebih penting dan bernilai, antara kecepatan perjalanan mereka dengan melintasi jalur bawah ketimbang harga nyawa seorang manusia biasa. Itu jadi satu hal penting," pungkasnya. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More