Mako Operasi TNI AU Biak Rampung Pertengahan 2019

Penulis: Thomas Harming Suwarta Pada: Kamis, 13 Des 2018, 23:15 WIB Nusantara
Mako Operasi TNI AU Biak Rampung Pertengahan 2019

Dok. TNI AU

SEJAK diresmikan Mei 2018 lalu, Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopasau) III yang bermarkas di Biak terus melakukan berbagai persiapan mulai dari sarana-prasarana markas komando sampai personel serta alutsista. Markas komando sendiri saat ini sedang dalam proses pembangunan dan rencana akan diresmikan pertengahan 2019.

"Khusus Mako saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Target kita Mei atau Juni tahun depan sudah selesai dan mulai kita gunakan," kata Kepala Staf Koopsau III Marsma TNI I Wayan Sulaba saat bertatap muka dengan wartawan di Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak, Papua, Kamis (13/12).

Gedung Mako sendiri, kata dia, dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3 hektare. Selain Mako, saat ini juga sedang dikerjakan pembangunan perumahan Koops, dan Skadron 27 untuk pesawat CN 235. Terkait kesiapan personel sendiri saat ini sudah siap 30%.
 
"Kita memang bertahap sampai semua infrastruktur siap dan kita bisa maksimal menjalankan tugas menjaga pergahanan udara wilayah timur Indonesia," paparnya.

Ia menjelaskan, sejak Koopsau III dengan markas di Biak resmi berdiri, maka ia akan membawahi 8 pangkalan TNI AU di wilayah Timur Indonesia yang meliputi Lanud Jayapura, Timika, Biak, Merauke, Morotai, Eltari Kupang, Tual, Watimena Ambon.

Selain di Biak, TNI AU memiliki dua komando operasi yakni Koopsau I mencakup wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi seluruh Sumatra, Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Banten, Jakarta dan sebagian Jawa Tengah. Koopsau ini bermarkas di Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Sedangkan Koops II mencakup wilayah Indonesia bagian timur yang semula meliputi seluruh Sulawesi, Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, sebagian Jawa Tengah dan Papua. Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More