KNKT Periksa Truk Kecelakaan Brebes

Penulis: Supardji Rasban Pada: Kamis, 13 Des 2018, 08:46 WIB Nusantara
KNKT Periksa Truk Kecelakaan Brebes

MI/Supardji Rasban

PETUGAS gabungan dari dari kepolisian dan Komite Nasional Transportasi (KNKT) melakukan pemeriksaan terhadap bangkai truk tronton bermuatan beras yang mengalami kecelakaan di jalan raya Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (12/12). Belum ada kesimpulan mengenai penyebab terjadinya kecelakaan maut tersebut.

Pemeriksaan dilakukan di halaman parkir Terminal Bumiayu, tempat bangkai truk tronton yang mengalami kecelakaan di ruas jalan Bumiayu-Purwokerto dan menewaskan lima orang serta melukai tujuh orang lainnya ditempatkan.

Pemeriksaan juga mendatangkan beberapa mekanik dari pihak Hino, yakni perusahaan otomotif yang mengeluarkan kendaraan truk nahas tersebut.

"Pemeriksaaan dan pengecekan dilakukan guna mengetahui kondisi dan keadaan beberapa fungsi komponen yang berkaitan dengan penyebab terjadinya kecelakaan. Komponen yang diperiksa di antaranya bagian rem dan trasmisi," ujar investigator KNKT Dwi Bhakti Permana.

Baca juga: Mobil Camat Jangkat Timur Terperosok di Banjir, Tiga Penumpang Tewas

Dwi menjelaskan dari hasil investigasi, KNKT menemukan bahwa truk tronton itu kelebihan muatan hingga 19,59 ton. Jumlah kelebihan muatan tersebut diketahui berdasarkan data deleveri order jumlah muatan sebanyak 30 ton.

"Padahal sesuai ketentuan truk tronton tersebut hanya diperbolehkan mengangkut 10,41 ton muatan," terang Dwi.

Dwi menjelaskan hasil investigasi dari pihak KNKT baru akan bisa diketahui paling lambat tiga bulan setelah selesai melakukan penyelidikan.

"Dugaan sementara selain kelebihan muatan, kecelakaan terjadi juga karena dipicu oleh konstruksi turunan Fly Over Kretek," jelaasnya.

Sebuah truk sarat muatan beras yang diduga mengalami rem blong, menabrak puluhan kendaraan dan menewaskan lima orang, sesaat setelah menuruni Fly Over Kretek di jalur selatan jurusan Brebes-Tegal-Purwokerto, tepatnya di depan Rumah Sakit (RS) Siti Aminah, Bumiayu, Brebes, Senin (10/12). Selain lima orang tewas puluhan kendaraan baik roda empat maupun dua--yang tertabrak--mengalami kerusakan parah.(OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More