Kader PAN Junjung Suara Rakyat

Penulis: Bayu Anggoro Pada: Rabu, 12 Des 2018, 07:50 WIB Politik dan Hukum
Kader PAN Junjung Suara Rakyat

Politikus PAN Bima Arya Sugiarto -- MI/BAYU ANGGORO

POLITIKUS PAN Bima Arya Sugiarto menilai wajar sikap sejumlah pengurus dan kader di daerah yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019. Menurutnya, itu merupakan konsekuensi logis dari Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 yang digelar serentak.

"Ada efek di daerah masing-masing yang berbeda dinamikanya. Ini yang dibaca teman-teman di daerah, kecenderungan pilpres ke mana akan memengaruhi pilegnya," kata Bima di sela-sela RUPS Bank BJB di Bandung, kemarin.

Ia berharap, DPP PAN bisa memahami suasana kebatinan para calon legislatif di daerah. "Mereka caleg ingin mendulang suara. Tidak mungkin caleg melawan itu. Ini kalkulasi politik di daerah yang harus dipahami oleh pusat (DPP PAN)," ujar Wali Kota Bogor itu.

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyambut gembira dukungan yang diberikan Dewan Pimpinan Wilayah PAN Kalimantan Selatan kepada Jokowi dan dirinya pada Pilpres 2019.

"Tentu saja itu kabar gembira ya, artinya mereka juga mendukung pencalonan Pak Jokowi dan saya. Artinya sekarang dukungan tidak hanya dari partai pendukung saja," ujar Ma'ruf.

Dia menilai aspirasi itu sebaiknya tidak dibungkam. Namun, dia menekankan enggan mencampuri urusan internal PAN. Menyusul dukungan itu, Ma'ruf berjanji akan lebih gencar berkampanye di Kalimantan Selatan. "Saya sudah berjanji Januari saya akan ke daerah-daerah," tuturnya.

Seperti diberitakan, DPW PAN Kalimantan Selatan menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. "Kami mendukung kemenangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di Kalimantan Selatan," kata Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin di Banjarmasin, Minggu (9/12).

Alasan utama ialah mereka tak berani berbeda dengan mayoritas masyarakat di provinsi itu. Semua mampu melihat dan merasakan kerja pembangunan di era Jokowi.

"Pembangunan harus dilakukan dua periode karena kalau hanya satu kali, program pemerintah tidak maksimal," ujarnya.

Gelombang dukungan

Ulama dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat menyatakan dukungan ke pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Mereka siap blusukan ke kecamatan-kecamatan untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 tersebut.

"Kami semua akan berge-rak di kecamatan sampai ranting untuk menggolkan pasangan nomor 01, untuk menang secara mutlak di seluruh Jawa Barat," kata Wakil Rais Syuriyah PWNU Jawa barat, KH Abun Bunyamin di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, kemarin.

Mereka akan bergotong royong dalam mengampanyekan Jokowi-Amin. "Tentu saja usaha tidak ringan di Jawa Barat. Karena secara historis Jawa Barat dulu yang menang Pak Pabowo, tapi InsyaAllah untuk sekarang kami yakin 100% pasangan Jokowi-Amin," ujarnya.

Sejumlah ulama dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang Selatan juga mendeklarasikan dukungan ke pasangan Jokowi-Amin di kediaman sang kiai, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Pada saat deklarasi, sejumlah ulama dan PCNU Kota Tangerang Selatan itu siap memenangkan pasangan nomor urut 01.

"Kami menyatakan mendukung penuh terhadap calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati, Jokowi-Amin pilihan kami," kata Wakil Rais Syuriah PCNU Tangerang Selatan, KH Tafsir Munir. (Mal/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More