Industri Maritim Butuh Peran Perempuan

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Selasa, 11 Des 2018, 15:57 WIB Ekonomi
Industri Maritim Butuh Peran Perempuan

MI/ADAM DWI

KETUA Umum Women in Maritime (WIMA) Indonesia Chandra Motik mengajak kaum perempuan untuk meningkatkan peran di industri maritim. Pasalnya, poros maritim dunia yang diimpikan Indoensia dapat lebih cepat terwujud dengan keterlibatan perempuan.

"Kami berharap nantinya dorongan pemberdayaan perempuan akan semakin besar dan berdampak positif terhadap kemajuan dunia maritim Indonesia dan menyongsong Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," katanya saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk peran perempuan maritim Indonesia dalam mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia, di Jakarta, Selasa (11/12).

Pada acara tersebut hadir Wakil Ketua Umum Wima Indonesia Carmelita Hartoto dan pendiri Wahid Foundation Yenny Wahid.

Baca Juga: RI Bertekad Jadi Poros Maritim Dunia

Chandra mengatakan perempuan perlu terlibat aktif dalam pengembangan dunia maritim Indonesia. Kendati kiprah perempuan dalam dunia maritim Indonesia sudah menuju arah positif, namun masih harus terus didorong keterlibatannya di masa mendatang.

"Kita mengiginkan peran perempuan terus tumbuh mewarnai sektor ini. Kita akan dorong dan tentu juga akan berpesan kepada pemerintah untuk membantu mempercepat pertumbuhan peran kaum hawa di maritim," terangnya.

Wakil Ketua Umum WIMA Indonesia Carmelita Hartoto menambahkan WIMA terus menyosialisasikan pemahaman yang lebih luas tentang peran perempuan di dunia maritim. Itu dibarengi dengan memangkas tantangan yang kerap menghambat keterlibatan perempuan seperti kesamaan derajat, gaji, jenjang karir dan persoalan lain.

"Kita tahu diskriminasi merupakan tantangan bersama termasuk di dunia maritim. Untuk itu WIMA memperjuangkan satu per satu ketidakadilan dan menghambat kemajuan ekonomi bangsa itu bisa diselesaikan," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More