Ini Lho Chef Michelin Pertama Asal India

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Selasa, 11 Des 2018, 12:15 WIB Weekend
Ini Lho Chef Michelin Pertama Asal India

dok. CNN

Predikat bintang Michelin merupakan idaman banyak chef di dunia. Tidak mudah untuk mendapatkan predikat bergengsi di bidang kuliner. Baru-baru ini chef perempuan asal India ini menjadi yang pertama mendapatkan predikat tersebut, dia adalah Garima Arora. 

Predikat bergengsi tersebut berkat restorannya bernama "Gaa" yang dibukanya sejak April 2017 mendapat respon positif dan pujian dari banyak pihak. Restorannya terbilang unik karena menyajikan masakan India yang dipadukan dengan masakan Thailand, alhasil masakan racikannya itu dianggap sebagai karya seni yang lezat.

Salah satu hidangan populer dari restorannya yang wajib dicicipi adalah roti nangka panggang dan acar buatannya sendiri. Makanan tersebut cerminan perpaduan kuliner India-Thailand. Di India makanan sejenis menggunakan buah nangka yang belum masak, sebaliknya orang Thailand menyukai nangka matang, perbedaan tersebut dipadukannya sehingga lahirlah roti panggang yang dipadukan dengan buah nangka yang sudah matang.

Tidak hanya makanannya saja yang spesial, lokasi restorannya "Gaa" pun spesial. Restoran ini berdekatan dengan 2 restoran lainnya yang sudah mendapatkan predikat bintang Michelin yaitu restoran "Gaggan" yang dikelola chef asal India bernama Gaggan Anand.

Dalam keterangan tertulisnya seperti yang Media Indonesia kutip dari CNN, Senin (11/12) Garima Arora menjelaskan seharusnya Michelin tidak kekurangan chef asal India. Pasalnya negara asalnya tersebut memiliki populasi yang amat banyak dengan usia resep makanan yang berusia berabad-abad.

"Menurut pendapat saya, kita harus membuat tren makanan, tidak mengikuti mereka. Koki dan restoran terbaik dunia seharusnya berasal dari India," ungkap Arora.

Arora sendiri dibesarkan di Mumbai dan inspirasi makanannya dari ayahnya yang sering membawakan aneka makanan eksotis ke rumah. Arora awalnya merintis karir sebagai jurnalis, namun ketertarikannya kepada makanan membuatnya banting stir.

"Saya selalu ingat suatu hari nanti saya ingin memiliki restoran sendiri. Setelah 6 bulan bekerja sebagai wartawan, saya mulai menyadari saya mungkin harus melanjutkan (mimpinya punya restoran)," imbuhnya.

Dirinya mendalami kuliner di Le Cordon Bleu di Paris, Prancis sebelum bekerja bersama Gordon Ramsay, chef terkemuka asal Inggris dan René Redzepi chef asal Kopenhagen, Denmark. Arora kemudian pindah ke Bangkok untuk bekerja dengan Gaggan Anand, tetapi rencananya gagal karena dirinya meninggalkan Thailand. 

Selanjutnya Gaggan Anand dan tiga investor lainnya menawarkan Arora kesempatan memulai usaha sendiri. Gaggan dan Gaa sekarang menjadi dua dari 27 restoran berbintang Michelin di Bangkok dan Phuket yang diakui dalam panduan Michelin edisi terbaru. (M-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More