Pernyataan Natalius Pigai Soal Trans-Papua Hoaks

Penulis: Micom Pada: Selasa, 11 Des 2018, 07:45 WIB Politik dan Hukum
Pernyataan Natalius Pigai Soal Trans-Papua Hoaks

MI/ROMMY PUJIANTO
Natalius Pigai

MANTAN komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, dalam sebuah debat di sebuah stasiun televisi pada Selasa (4/12), mengatakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah membangun sembilan ruas jalan Trans-Papua sementara Presiden Joko Widodo hanya jalan Trans-Papua dan tidak ada yang lain.

Pernyataan itu langsung dibantah oleh Ketua Fraksi Hanura Inas N Zubir. Inas menyebut pernyataan Natalius itu sebagai hoaks.

Menurut Inas, berdasarkan data pembangunan dan pemeliharaan jalan dari ditjen Bina Marga, Kementrian PUPR, total pembangunan Trans-Papua era Habibie, Gus Dur, dan Megawati adalah sepanjang 2.078 km tanpa perkerasan dan pembangunan Trans-Papua era SBY dimulai pada 2007 hingga 2014 adalah sepanjang 1.211 km.

Baca juga: Lagi, Tiga Orang Pekerja Korban Penembakan Papua Ditemukan

"Sedangkan pembangunan Trans-Ppapua di era Jokowi, 2015 sampai dengan 2018, adalah sepanjang 870 km dari proyeksi hingga 2019 sepanjang 1.041 km," ungkap Inas dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Selasa (11/12).

Selain itu, imbuhnya, total jalan nasional di Papua yang dibangun di era SBY adalah sepanjang 4.040 km dan pemeliharaan/pengaspalan ulang sepanjang 18.263 km, sedangkan total jalan nasional di Papua yang dibangun di era Jokowi adalah sepanjang 1.982 km dan pemeliharaan/pengaspalan sepanjang 14.367 km.

"Berdasarkan data ditjen Bina Marga pula diperoleh fakta bahwa ruas/segmen 1 hingga 9 kondisinya rusak parah. Bahkan ada yang sudah tidak bisa dilalui sehingga diperlukan pemeliharaan dengan perkerasan dimana pekerjaan tersebut sedang dan sudah dilaksanakan terhadap 6 ruas jalan dengan perkerasan sirtu dan baru 3 ruas jalan diaspal kembali," tegasnya. (RO/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More