Sejumlah Wilayah di Cianjur Diterjang Badai

Penulis: Benny Bastiandy Pada: Senin, 10 Des 2018, 22:15 WIB Nusantara
Sejumlah Wilayah di Cianjur Diterjang Badai

MI/JOHN LEWAR

SEJUMLAH wilayah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diguyur hujan deras disertai angin puting beliung, kemarin petang. Akibatnya, sejumlah pohon dilaporkan tumbang.

Seperti terjadi di Kampung Kabandungan, Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Angin puting beliung terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Dua pohon tumbang hingga menutup akses jalan desa dan atap rumah salah seorang warga terbawa angin. Selain itu, puluhan rumah lainnya dikabarkan mengalami kerusakan rata-rata pada bagian atap.

"Kejadiannya sebentar. Hanya beberapa detik. Tapi anginnya sangat kencang. Ada dua pohon yang tumbang dan beberapa rumah bagian atapnya terbawa angin," kata Ferry, 36, warga setempat, Senin (10/12).

Selain di Desa Sindangasih, angin puting beliung juga menerjang wilayah lainnya seperti di Desa Bojong, Rawabango, Cimuti, dan sebagian di Desa Sukamanah di Kecamatan Karangtengah. Di wilayah tersebut juga banyak rumah warga yang gentengnya beterbangan dan pohon tumbang.

"Genteng rumah terbawa angin kencang dan mengalami rusak parah. Ada juga pohon yang tumbang," kata Ali Hildan, 35, warga Kampung Sinagar, Senin.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengaku belum mendapatkan data pasti kerusakan yang ditimbulkan akibat puting beliung. Tim masih di lapangan untuk mendata lokasi serta kerusakan.

"Masih didata. Kalau data yang baru masuk kejadian di Kampung Kabandungan Desa Sindangasih dan Jalur Lingkar Timur," kata Sugeng saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ia mengimbau agar pengendara berhati-hati melalui titik yang terjadi pohon tumbang hingga menutup area jalan. Warga pun disarankan tetap waspada jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Pada intinya kami imbau untuk tetap waspada dan berhati-hati. Kalau terjadi hujan deras disertai angin kencang lebih baik mencari tempat berlindung. Jangan meneruskan berkendara sementara waktu," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More