Banjir Genangi Kotawaringin Barat

Penulis: (SS/RK/YH/DG/YK/BB/CS/N-2) Pada: Senin, 10 Des 2018, 22:00 WIB Nusantara
Banjir Genangi Kotawaringin Barat

ANTARA/UNTUNGSETIAWAN

PULUHAN rumah di Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng), terendam banjir setinggi 80 cm. Akibatnya, warga harus menggunakan sampan atau perahu kecil untuk aktivitas sehari-hari.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, Alpius Patanan, mengatakan dari hasil pantaian tim BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat, ada empat desa di Kecamatan Arut utara terdampak banjir.
“Warga terpaksa menggunakan perahu kecil untuk aktivitas. Besar kemungkinan jika hujan terus-menerus, banjir akan semakin tinggi,” ujar dia, kemarin.

Banjir juga melanda Riau dan mengakibatkan lima buaya muara terperangkap di ­saluran irigasi persawahan di Desa Talontam, Kecamatan Benay, Kabupaten Kuantan Singingi, kemarin. Satu buaya dapat ditangkap warga dan sisanya diduga bersembunyi di sekitar saluran irigasi.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Suharyono, mengatakan munculnya buaya muara ini akibat meluapnya volume Sungai Kuantan. Saat ini buaya diamankan di polsek sebelum dititipkan ke Kebun Binatang Kasang Kulim.

Dari Sumatra Barat, curah hujan cukup tinggi pada Sabtu (8/12) mengakibatkan terjadinya pergerakan tanah di jalan lintas Sumatra Km 6 Tanah Badantuang, Kabupaten Sijunjung. Dampaknya  satu rumah milik Ratnawati rusak berat.

Masih terkait banjir, BPBD Bojonegoro memastikan tidak ada kerusakan sarana infrastruktur akibat banjir bandang di Dusun Ngrenjeng, Desa/Kecamatan Sekar, akhir pekan lalu. Meski demikian, warga dihimbau untuk mewaspadai banjir bandang yang mungkin bisa terjadi lagi.

Dari Jawa Barat, permukim-an padat penduduk menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Cimahi. BPBD Kota Cimahi mencatat luas kawasan padat penduduk dan kawasan kumuh mencapai 176 hektare merata di seluruh kecamatan.  
Sementara itu di Cianjur dan Karawang, BPBD setempat terus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi banjir dan tanah longsor. (SS/RK/YH/DG/YK/BB/CS/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More