Praktisi Pendidikan: Sistem Zonasi Harus Jalan Terus

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Senin, 10 Des 2018, 17:11 WIB Humaniora
Praktisi Pendidikan: Sistem Zonasi Harus Jalan Terus

ANTARA FOTO/R. Rekotomo

PRAKTISI pendidikan Robertus Budi Setiono menegaskan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) harus terus berjalan. Dengan berlakunya sistem zonasi, ia yakin pemerintah dapat mencapai tujuan yang diharapkannya seperti pemerataan kualitas pengajar, pendidikan, maupun sekolah.

"Sistem ini sangat baik. Sangat bagus jika bisa berjalan optimal," kata Robert dalam diskusi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (10/12).

Baca juga: Sistem Zonasi Membangun Mentalitas Guru

Ia mengungkapkan, penataan guru sudah seharusnya menjadi prioritas utama saat pemerintah menerapkan sistem zonasi. Oleh karena itu, guru harus mendapatkan dukungan berupa peningkatan kualitas dan kecakapan dalam mengajar. Model pelatihan yang diterapkan kepada guru adalah belajar dan berbagi.

"Contohnya di sekolah yang saya kelola demikian. Guru dikirim belajar ke luar kota atau keluar negeri lalu mereka harus menyampaikan atau mengajari rekan sejawatnya. Sehingga, mereka maju bersama-sama," kata Robert.

Sementara itu, untuk mengakali minimnya guru yang mau ditempatkan di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T), pemerintah harus memberikan tunjangan khusus serta rotasi guru dalam periode pendek.

"Sama halnya seperti di perusahaan. Ketika kita akan mengirim guru ke daerah terpelosok sekali harus diberi tunjangan dan dilakukan rotasi dua tahun sekali. Karena memang akan sulit menemukan guru yang bisa bertahan lama. Pemerintah juga bisa memberdayakan warga setempat untuk diberi beasiswa menjadi guru dan mengajar di daerahnya. Saya kira, mereka akan memiliki semangat lebih untuk membangun daerah," terangnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More