Satgas Pangan Malang Temukan Sejumlah Makanan Mengandung Boraks

Penulis: Bagus Suryo Pada: Senin, 10 Des 2018, 16:30 WIB Nusantara
Satgas Pangan Malang Temukan Sejumlah Makanan Mengandung Boraks

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

SEJUMLAH makanan yang dijual di kawasan pasar Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ada yang mengandung boraks dan sudah kedaluwarsa. 

Temuan itu hasil operasi pasar (OP) Tim satuan tugas pangan (Satgas pangan), Senin (10/12). 

Tim melibatkan petugas gabungan dari Polres Malang, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Disperindag. 

"Kami menemukan masih ada makanan yang dijual mengandung boraks dan expired. Boraks, bahan kimia pembersih. Itu ditemukan di produk bakso dan kerupuk," tegas Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Malang Hasan Tuasikal kepada wartawan usai OP.

Sampel bakso dan kerupuk langsung disita petugas Dinas Kesehatan untuk selanjutnya proses hukum menjadi kewenangan Polres Malang.

"Produk makanan mengandung boraks tersebut dari distributor di Surabaya," ujarnya. 

 

Baca juga: Kejari Karawang Tetapkan Tersangka Pelaku Korupsi Kas Desa

 

Selama OP, lanjutnya, Petugas memantau secara mendetail makanan dan minuman yang dijual di pasar dan toko-toko. Kegiatan penegakan aturan sekaligus pemantauan rutin itu menjelang Natal dan tahun baru 2019.

"Kami juga memantau parcel," tuturnya.

Setelah menyisir kawasan Kecamatan Lawang, tim bakal melanjutkan kegiatan serupa hingga merambah 33 kecamatan. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More