NTB Jajaki Kerja Sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia

Penulis: Micom Pada: Sabtu, 08 Des 2018, 11:20 WIB Nusantara
NTB Jajaki Kerja Sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia

Ist

PROVINSI Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, tengah menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan investasi dengan Pemerintah Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Polandia. Selain itu, turut didiskusikan pula beberapa sektor lain yang bisa dilakukan kerja sama antara NTB dan Kujawsko-Pomorskie.

Demikian terungkap dalam pertemuan antara Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, dan Marshal Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Piotr Calecki, di Kota Lama Torun, Polandia, Jumat (7/12).

"Ini pertemuan pertama kali, namun membuka optimisme saya bahwa langkah selanjutnya begitu lebar dan nyata. NTB memiliki banyak potensi sebagaimana Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai dari destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian dan bioenergi. Semoga segera terealisasi kolaborasi konkret antara NTB dan Kujawsko-Pomorskie,” ujar Gubernur NTB.

Dalam keterangannya, Sabtu (8/12), Zulkieflimansyah menyebutkan bahwa pengiriman beasiswa putra-putri NTB ke Torun juga menjadi materi pembicaraan utama.

“Salah satu kampus yang menjadi tujuan utama kami mengirimkan putra-putri NTB adalah Nivolaus Copernicus University di Kota Torun,” lanjut Zul, sapaan akrab Gubernur NTB.

Seperti diberitakan, hingga saat ini, program beasiswa mahasiswa S2 Provinsi NTB telah memberangkatkan 18 siswa ke Collegium Civitas of Warsawa dan Vistula University of Warsawa dari Oktober hingga November 2018. Pada Februari 2019, akan diberangkatkan lagi 200 mahasiswa-mahasiswi NTB ke Vistula University of Warsawa, sebagaimana yang telah disepakati dengan Chancellor Vistula University of Warsawa, Prof Zdzislaw Rappacki pada 15 November 2018 lalu.

Sementara itu, Marshal Piotr Calbecki mengungkapkan, diskusi yang ia lakukan dengan Pemprov NTB akan membuka beragam peluang kerja sama ataupun kolaborasi antara kedua provinsi di beragam sektor bisnis dan industri, termasuk juga pendidikan.

"Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai para pemimpin masa depan Indonesia di kampus kebanggaan kami,” ujarnya.

Dalam kesempatan  sama, istri Gubernur yang sekaligus Ketua TP PKK Pemprov NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah, menyebutkan bahwa persoalan pembangunan kapasitas dan kualitas manusia, termasuk partisipasi perempuan di berbagai sektor merupakan hal yang terus ditingkatkan di NTB, terutama di pendidikan, kesehatan dan bahkan sosial politik.

"Kami berharap, dengan mengirimkan putra-putri kami ke Kota Torun ataupun kota lain di provinsi ini, mereka dapat saling berbagi pengalaman belajar dan hidup di negara lain, yang bisa jadi sangat berbeda situasi kondisi sosial, budaya, dan lingkungannya,” ujarnya.

Kerja sama sebagai sister-city antara Provinsi NTB dan Kujawsko-Pomorskie menjadi potensi yang paling memungkinkan diwujudkan dalam waktu secepatnya. Dari kerja sama tersebut diharapkan mampu menggenjot arus investasi dari Polandia ke Lombok dan Sumbawa, khususnya di bidang pariwisata, pembangkit energi baru dan terbarukan, serta pengelolaan sampah dan limbah.

Pada saat yang sama, pengiriman masif mahasiswa dari tingkat strata satu hingga doktoral, juga paralel untuk dikebut melalui nota kesepahaman yang dibangun para pimpinan kampus NTB yang ikut berangkat ke Polandia. (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More