Anies Pastikan PKL Patuh dan Pindah ke Skybridge

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Sabtu, 08 Des 2018, 11:30 WIB Megapolitan
Anies Pastikan PKL Patuh dan Pindah ke Skybridge

ANTARA/Dhemas Reviyanto

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan keberadaan kios-kios di Jembatan Multiguna atau Skybridge akan sepenuhnya dimanfaatkan PKL sehingga dipastikan Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat akan steril demi kelancaran angkutan umum.

"Semua itu karena menyangkut perilaku orang. Kalau menyangkut perilaku orang baik sudah ada fasilitas dilihat seperti apa, mereka akan mulai pindah ke atas, kan mereka sudah dirapikan," kata Anies, Sabtu (8/12).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga akan segera meninjau lokasi Skybridge. Pasalnya, dia ingin memastikan keberadaan PKL di Skybridge dan mereka mendapatkan fasilitas yang telah disediakan.

"Nanti kita lihat cara mereka memanfaatkan fasilitas seperti apa, akan dipantau," sebut Anies.

Baca juga: Skybridge Tanah Abang Diujicoba Sepekan

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta tekah melakukan uji coba pengoperasian skybridge atau jembatan penyebrangan multiguna (JPM) Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan masa uji coba akan berlangsung selama sepekan ke depan

"Uji coba paling lama sepekan ke depan, kita ingin lebih cepat lebih baik," ujar Yoory.

Pantauan Media Indonesia, ruas jalan Jatibaru Raya kembali dibuka dua arah steril dari pedagang kaki lima (PKL). Namun, pedagang masih memenuhi trotoar dan area di bawah JPM. Kebanyakan pejalan kaki yang lewat JPM adalah mereka yang menuju Blok F dan G Pasar Tanah Abang.

Yoory menambahkan, selama uji coba, PT KAI memberlakukan buka-tutup akses masuk KAI yang baru dibuka.

"Satu jam dulu dibuka mau dilihat. Tapi melihat seperti ini nggak ada kendala yang berarti kan, lancar, berarti bisa diperpanjang juga. Ini sementara buka tutup sampai nanti uji coba selesai baru dibuka penuh mengikuti jam operasional kereta api," tandasnya.

Uji coba ini untuk melihat bagaimana pergerakan orang melintasi JPM, lintasan angkutan umum, pergerakan Trans-Jakarta dan Mikrolet. Juga untuk melihat bagaimana rute bus TansJakarta yang akan mengunakan halte-halte yang sudah dan sedang dibangun.

Yoory menyatakan, area sekitar JPM akan semakin tertata rapi setelah semua PKL terdaftar dinaikkan ke atas. JPM akan dikelola Saranawisesa Properindo, anak usaha PD Sarana Jaya.

Menurutnya, sebanyak 446 pedagang yang dulu berjualan di badan jalan Jatibaru Raya dan trotoar sudah bisa menempati lapak-lapak yang disediakan Pemprov DKI di skybridge pada Senin (10/12). Sementara, sekitar 149 PKL lain akan direlokasi ke Blok F Pasar Tanah Abang. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More