InSight Rekam Suara Angin di Mars

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Sabtu, 08 Des 2018, 13:00 WIB Internasional
InSight Rekam Suara Angin di Mars

AFP/HO/NASA/JPL-CALTECH

MANUSIA kini bisa mendengar suara gemuruh angin di Mars untuk pertama kali setelah kendaraan milik NASA, InSight, menangkap getaran dari hembusan angin di Planet Merah itu. Hal itu diungkapkan Badan Angkasa Luar Amerika Serikat itu, Jumat (7/12).

Hembusan angin dengan kecepatan antara 5 hingga 7 meter per detik itu ditangkap saat bergerak di atas panel surya di InSight, kendaraan nirawak yang sukses mendarat di Mars pada 26 November lalu.

Dua sensor menangkap getaran angin itu, yaitu sebuah sensor tekanan air di dalam kendaraan itu dan sebuah seismometer di permukaan kendaraan itu.

"Ini adalah data 15 menit pertama yang datang dari sismometer," ujar Thomas Pike, peneliti utama di Imperial College London.

Baca juga: Tiongkok Kirim Kendaraan ke Sisi Jauh Bulan

"Itu seperti sebuah bendera yang berkibar tertiup angin. Suaranya sangat asing," imbuhnya.

InSight didesain untuk menyelidiki Mars dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kendaraan itu akan menggunakan instrumen seismologi untuk mendeteksi gempa dan melakukan penggalian untuk mengukur panas yang dilepaskan kulit Mars.

"Merekam suara angin yang bergerak dari barat laut menuju tenggara adalah sebuah kejutan yang tidak disangka," kata Bruce Banerdt, pengendali kepala InSight. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More