Diserbu Turis, Pulau Phi Phi Krisis Air Bersih

Penulis: Sonya Michaella Pada: Sabtu, 08 Des 2018, 12:30 WIB Internasional
Diserbu Turis, Pulau Phi Phi Krisis Air Bersih

AFP/Lillian SUWANRUMPHA

PULAU Phi Phi di Thailand kini sedang menghadapi krisis air bersih, terutama untuk diminum. Sebuah laporan dari Universitas Kasetsart Thailand membuktikan bahwa tahap krisis sudah mencapai tingkat tertinggi.

Tim dari universitas menemukan bahwa sumber air di pulau kecil tersebut tidak cukup seimbang dengan volume wisatawan yang sangat besar.

Dilansir dari Telegraph, Jumat (7/12), air keran pun tidak bisa diminum karena telah terkontaminasi dengan limbah industri pariwisata.

Baca juga: Indonesia-Inggris Sepakati Kerja Sama Multisektor Bidang Lingkungan

Pantai kecil di Maya Bay itu terpaksa ditutup selama satu tahun sejak Juni tahun ini untuk memulihkan ekosistem karena kedatangan lima ribu wisatawan dan 200 perahu per harinya.

"Selama periode terkering tahun ini, pulau penuh sesak dengan wisatawan dan permintaan air melambung. Sementara tidak ada hujan untuk mengisi dua kolam air tawar yang merupakan sumber air di pulau itu," ucap Sitang Pilailar, sang peneliti.

Yang mengkhawatirkan, ucap dia, penelitian menemukan bahwa air tanah telah terkontaminasi patogen berbahaya dan logam berat akibat pencemaran air lepas pantai.

Pilailar pun menyarankan pemerintah daerah untuk membatasi pengunjung dan wisatawan setiap harinya demi mencegah rusaknya ekosistem Pulau Phi Phi. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More