Komisi XI Apresiasi Kinerja Kemenkeu

Penulis: Whisnu Mardiansyah Pada: Jumat, 07 Des 2018, 23:10 WIB Ekonomi
Komisi XI Apresiasi Kinerja Kemenkeu

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

KOMISI XI mengapresiasi kinerja Kementerian Keuangan yang berhasil menggenjot sektor penerimaan negara dari pajak. Untuk pertama kalinya, penerimaan negara dari pajak melebihi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.
 
"Bisa ditafsirkan ekonomi on the track (di jalur yang benar). Ini kita apresiasi," kata anggota Komisi XI DPR, Hendrawan Soepratikno, kepada Medcom.id, Jumat (7/12).

Hendrawan melihat sejak dipegang oleh Sri Mulyani, target-target APBN dibuat lebih realistis. Wajar apabila target penerimaan negara melebihi target APBN.
 
"Asumsi dan target-target dalam APBN dibuat lebih realistis. Teman-teman DPR juga bergerak ke arah yang sama," kata Hendrawan.

Salah satu sektor penyumbang penerimaan negara, kata Hendrawan pemerintah berhasil menggenjot sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). Meningkatkan harga-harga komoditas ekspor.
 
"PNBP dan pajak ekspor karena harga-harga komoditas ekspor naik seperti minerba, kelapa sawit," pungkasnya.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini penerimaan negara tahun ini melampaui target. Pertama kali dalam sejarah penerimaan negara melebihi target APBN. Sri Mulyani meyakini penerimaan negara mencapai Rp1.936 triliun atau naik 18,2% dari tahun lalu. Jumlah tersebut lebih tinggi dari target APBN 2018 sebesar Rp1.894 triliun. (Medcom/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More